oleh

TONO TAK TERKALAHKAN HARUM KANDAS


Jombang, AWAS !!
Komisi Pemilihan Umum Daerah Jombang telah mengumumkan hasil penghitungan perolehan suara secara manual, dan menetapkan pasangan Suyanto-Wijono (ToNo) sebagai pemenang pada Pilkada 23 Juli kemarin, di gedung media center KPUD Jombang, Kamis (31/07) kemarin.

ToNo yang di usung dari partai PDIP dan didukung PPP tak terkalahkan, dan mendapatkan suara terbanyak setelah perolehan suaranya jauh meninggalkan pasangan lainnya. Yakni Pasangan Nyono-Halim yang diusung dari partai Golkar,PKS, PKB. Dan pasangan Soeharto-Mudjib (HaruM) yang diusung dari Partai Demokrat dan partai non parlemen.

Ketua Pokja pemungutan dan penghitungan suara Pilkada Jombang Medan Amrullah menjelaskan perolehan suaraa pasangan Nyono Suherly-Halim Iskandar sebanyak 241.678 suara. Pasangan Suharto-Mujib Mustain (HaruM) mendapatkan 36.781 suara. sedangkan pasangan Suyanto-Widjono mendapatkan 353.255 suara. Jumlah suara yang tidak sah sebanyak 48.937 suara.

“Jumlah keseluruhan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Jombang sebanyak 961.945 dan yang tidak hadir (Golput) sebanyak 281.293 suara atau bekisar 30%, tutur Medan dalam Konferensi Pers di ruang KPUD Jombang.

Masih dalam penjelasan Medan, bahwa KPUD mempunyai waktu sekitar tiga hari melakukan pemeberitahuan penetapan Hasil Pilkada ke DPRD Jombang, selanjutnya DPRD akan mengusulkan kepada Gubernur untuk segera melakukan pelantikan.
“untuk pelantikan Bupati Jombang yang terpilih tanggal 24 September mendatang”,katanya.

Dari pengumuman hasil penghitungan suara, Medan juga mengatakan KPUD Jombang bersedia menerima komplain dan gugatan dari masyarakat tentang penghitungan suara yang dilakukan KPU.
“kami siap menerima gugatan hasil Pilkada ini, dan saya kira itu sudah jalur hokum dan sangat kita hormati” lanjut orang yang mengaku pernah beberapa kali mendapat teror sms dari orang yang tidak dikenalnya.

Sementara itu, Hasil kemenangan incumbent Suyanto dalam pilkada Jombang ini, dikatakannya Bahana bela tim pemenangan ToNo merupakan hasil pilihan rakyat, dan menandakan demokrasi di Jombang sudah berjalan dengan baik, dirinya juga yakin bahwa tidak ada pelanggaran yang dilakukan dari calon dukungannya.
“Kami sudah memprediksikan sebelumnya, pasangan pak Yanto (Suyanto,red) akan menang dalam pilkada ini”,ujar Bella yang juga Fraksi dari PDIP DPRD Jombang.

Baca Juga 

Seperti yang diketahui, Dari data yang ada dijelaskan, dari Jumlah 21 Kecamatan sebanyak 2029 TPS yang ada di Jombang, pasangan ToNo menang di 19 Kecamatan sedangkan Nyono-Halim di 2 Kecamatan. Untuk pasangan HaruM hanya memenangkan di beberapa desa saja. (zen)

Komentar