oleh

Empat Caleg DPRD Jmbang mengundurkan diri

JOMBANG – Sebanyak empat caleg yang telah tercatat dalam daftar pemilih tetap (DCT) Komisi Pemiluhan Umum daerah (KPUD) Jombang telah mengundurkan diri tanpa alasan yang jelas.

Keempat caleg yang mengundurkan diri yakni caleg, yakni Ari Juswanti dari PPRN nomor urut satu daerah pemilihan (dapil) VI, Iqbal Feliciano dari PMB nomor urut satu dapil III. “Kedua orang itu mengundurkan diri sebelum tanggal 17 Desember 2008, setelah dilakukan rapat pleno, maka keduanya tidaka akan dimasukkan dalam surat suara pada saat proses pemilihan nanti,” ujar ketua Pokja Pencalonan KPUD Jombang, Rabu (21/1) kemarin
Sementara itu dua caleg lainnya, yakni Zumrotin Nikmah dari PKS nomor urut 10 dapil II dan Didik SP dari PKPB nomor urut satu dapil II telah melakukan pengunduran diri setelah namanya tercantum dalam DCT yakni setelah tanggal 17 Desember 2008. “Jika nanti ada yang memilih mereka, maka suaranya akan masuk kelumbung partai,” kata Minan menjelaskan.
Terkait alasan yang didasari untuk melakukan pengunduran diri 4 caleg tersebut, Minan mengatakan mereka yang mengundurkan diri itutidak menjelaskan alasannya secara detail. “yang pasti, satu orang ada yang meninggal dunia dan seorang lagi yakni Zumrotin dari PKS itu adalah pendamping PNPM mandiri, jadi dalam aturannya itu tidak diperbolehkan,” tambahnya.
Dari daftar caleg sementara (DCS) semula ada 618 orang caleg, namun pada saat dilakukan public review dan dilakukan seleksi oleh KPUD Jombang, ditetapkan DCT sebanyak 611 orang caleg yang maju dalam pileg mendatang. Dengan adanya beberapa perkembangn terbaru yakni mundurnya empat orang caleg itu, kini tersisa 607 orang caleg.
Secara terpisah, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PPRN Kabupaten Jombang, Rofiq menjelaskan terkait mundurnya satu caleg dari partainya itu dikarenakan telah pindah domisili dari wilayah Jombang.
“Dia telah pindah domisili yakni ke Kota Nganjuk, selain itu selama ini dia mengatakan kepartai kalau tidak bisa konsentrasi dipartai. Jadi ya kita persilahkan saja,” singkatnya. (zainul)

Baca Juga  Malam Suro, Puluhan Motor Pesilat Ditilang

Komentar