oleh

Hutan Jati 2,5 hektar di Nganjuk Terbakar

Nganjuk, Jurnaljatim.com
Hutan jati di Kabupan Nganjuk kembali terbakar. Kali ini kebakaran melanda hutan jati di petak159a luas baku 16.5 RPH Wengkal, BKPH Wengkal, Desa Wengkal Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Tanamam seluas 2,5 hektar ludes dilalap si jago merah.

Kejadian itu diketahuo petugas ketika sedang melaksanakan patroli hutan. Tiba tiba, melihat kepulan asap dari petak 159a. Setelah didekati ternyata ada kebakaran. Dengan alat seadanya berusaha dipadamkan. Karena api masih membara, petugas kemudian meminta bantuan pihak terkait untuk memadamkannya.
“Laporan kebakaran dan meminta bantuan tenaga untuk memadamkan api kepada pihak terkait, yakni polisi dan babhinsa,”kata Wartono petugas BKPH Wangkal.
Petugas gabungan selanjutnya menuju lokasi dan memadamkannya secara bersama sama dengab menggunakan alat manual yakni ranting basah dan menyemprotkan air. Selang tiga jam, api berhasil dipadamkan.
Akibat kebakaran itu, hutan seluas 2,5 hektar terbakar dan menfalami kerugian jutaan rupiah. Kondisi saat ini pangkal pohon jati kulit bagian luarnya hangus tetapi kondisi pohon jati tidak mati, serasah daun jati serta tumbuhan bawah terbakar. Penyebab kebakaran ini masih dalam penyelidikan petugas. (njk1/jur)

Komentar