oleh

Siapkan Tilang Online, Tiga Titik Perempatan di Jombang Terpasang CCTV

Kasat Lantas Polres Jombang, AKP Inggal Widya Perdana.
Jombang, Jurnaljatim.com
Dalam meningkatkan pelayanan pada masyarakat sekaligus mengurangi pelanggaran lalu lintas, diantaranya penerobos lampu merah, Satlantas Polres Jombang akan segera memberlakukan sistem e-tilang (tilang online). Uji coba sistem tilang online dengan menggunakan kamera CCTV (Closed Circuit Television) akan diberlakukan di tiga titik yang ada di Kota Jombang.
Tiga titik yang telah disiapkan, yaknj di Jalan Wahid Hasyim tepatnya di perempatan Kebonrojo, perempatan PLN, dan perempatan lampu merah (traffick Light) stadion di jalan KH. Abdurrahman Wahid.
“Jika uji coba ini sukses maka kita akan menambah titik-titik yang dipasang CCTV,” kata AKP Inggal Widya Perdana, Kasat Lantas Polres Jombang dihubungi, Jumat (27/10/2017).
Ia mengungkapkan, Tilang online itu memanfaatkan kamera CCTV yang terpasang di Area Trafic Control Sistem (ATCS). Polisi bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Jombang sebagai pemegang hak atas rambu-rambu lalu lintas yang ada. Termasuk lampu merah yang akan dipasang CCTV nanti.
“Saat ini proses singkronisasi CCTV dari dinas perhubungan untuk disambungkan dengan Jombang Comand Center milik Polres Jombang,” ujar Inggal dihubungi, Jumat (27/10/2017).
Mantan Kasat Lantas Madiun ini mengatakan, sistem tilang online itu merupakan terobosan baru dari Polisi dan Dinas Perhubungan Jombang dalam memberikan pelayanan pada masyarakat. Ia menambahkan, sistem itu akan disosialisasikan kepada masyarkat setelah segera persiapannya selesai.
Menurut Inggal, setelah tilang online diterapkan maka polisi cukup mengirim surat tilang kerumah pemilik kendaraan.  Masyarakat tidak usah khawatir jika terkena tilang. Sebab, jika surat lengkap dan tidak melanggar rambu-rambu lalu lintas maka polisi tidak akan menilang. (*/jur)

Komentar