oleh

100 Ton Cengkeh di Pabrik Penyulingan Ludes Terbakar

Nganjuk, Jurnaljatim.com

Kebakaran melanda pabrik penyulingan minyak daun cengkeh yang berlokasi di Desa Sidorejo, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk. 100 ton cengkeh yang baru dibeli milik Winarto ludes dilalap si sajo merah.
Kapolsek Sawahan, Nganjuk, AKP Mulyanto mengatakan peristiwa itu terjadi ketika sejumlah karyawannya sedang melakukan penyulingan daun cenkeh didalam cerobong pembakaran.
Diduga karena kelalaian dari karyawan, sebagian daun cengkeh masuk kedalam kobaran api penyulingan. Sehingga daun cengkeh yang jatuh terbakar dan merambat ke tumpukan daun cengkeh lainnya.
“Api dengan cepat langsung membesar dan merambat ke tumpukan daun cengkeh lainnya hingga terbakar semuanya,” kata Kapolsek, Kamis (9/11/2017).
Awalnya, warga yang mengtahui kebakaran itu berusaha memadamkannya dengan alat manual, namun karena api semakin membesar, akhirnya tujuh mobil damkar yang diturunkan berhasil menjinakkan si jago merah itu.
Kapolsek menambahkan, akibat peristiwa itu, sebanyak 100 ton daun cengkeh yang baru saja dibeli Winarto ludes terbakar. “Tidak ada korban jiwanya. Pemilik mengalami kerugian mencapai Rp 100 juta. Penyebab pastinya masih dalam penyelidikan,” terangnya. (Mar/Jur)

Komentar