oleh

Ribuan Keanggotaan Parpol Di Jombang Ganda

Jombang, Jurnaljatim.com
Ribuan keanggotaan partai politik pada tahap awal pemeriksaan yang dilakukan KPU Jombang bermasalah. Diantaranya adanya keanggotaan parpol yang ganda.
Kamisioner KPU Jombang, Atho’illah mengatakan, total ada 7138 anggota yang bermasalah pada tahap awal pemeriksaan. Dan berubah menjadi 7407 anggota parpol bermasalah setelah dilakukan verifikasi kelapangan.
Ia mengungkapkan pada verifikasi faktual di 14 parpol peserta pemilu 2019 mendatang. Lembaga penyelenggara pemilu itu menemukan sekitar 4967 kartu anggota parpol ganda.
“Dari 14 Parpol yang mendaftar di KPU. Semuanya ditemukan KTA ganda,” ungkapnya, Sabtu (18/11/2017).
Ia menjelaskan, Hasil verifikasi faktual pada tahap awal ada 1687 anggota ganda di internal dan setelah dilacak berkurang jadi 1686. Ganda antar partai yang awal 559 orang berkurang jadi 414 orang saja.
Data ganda tersebut ditemukan di internal partai maupun antar partai. Namun jika ditemukan di internal partai KPU langsung mencoret salah satu. Sedangkan jika ditemukan kartu anggota ganda antar partai, KPU akan melakukan pengecekan secara faktual ke lapangan.
“Ya kami nanti akan turun ke bawah untuk mengecek langsung data anggota partai ganda,” ucapnya.
Terkait dengan keanggotaan parpol ganda itu, KPU Jombang mempersilakan partai politik memperbaiki kembali data-data tersebut mulai 18 November-1 Desember 2017 mendatang.
Namun, lanjut Atho’, pihaknya juga tidak memaksa bagi partai politik yang tidak ingin memperbaiki. Akan tetapi, pihaknya tidak bertanggung jawab ketika ada masalah dikemudian hari.
“Jika tidak dilakukan perbaikan, kami tidak bertanggungjawab dikemudian hari. KPU Jombang hanya menyetorkan data dari parpol ke KPU pusat. Dan keputusan akan diambil oleh KPU pusat,” tandasnya. (*)

Komentar