oleh

Ribuan Massa di Jombang Gelar Doa Bersama Kecam Donald Trump

Jombang, Jurnaljatim.com
Pernyataan Presiden Amerika, Donal Trump, yang mengakui secara sepihak bahwa Yerusalem adalah ibukota Israel menuai reaksi dari protes dan kecaman berbagai kalangan.
Di Jombang, ribuan massa organisasi masyarakat yang tergabung dalam AMPP (Aliansi Masyarakat Peduli Palestina) menggelar doa bersama untuk Palestina di Bundaran Ringin Contong, Jombang, Minggu (17/12/2017) pagi.
Diantaranya, PMII, HMI, GP Ansor Jombang dan beberapa kota lainnya, IPNU, IPPNU, Muslimat, KNPI, Banser, MUI, Fatayat, KAHMI dan berbagai ormas lintas agama di Jawa Timur.
Ketua GP Ansor Jombang, Zulfikar Damam Ikhwanto mengungkapkan, selain melakukan doa bersama, sekaligus sebagai bentuk dukungan untuk Palestina.
“Ini juga merupakan kutukan keras terhadap Amerika yang sudah melakukan keputusan secara sepihak atas pengakuan Yerusalem sebagai ibukota Israel,” ujar Zulfikar kepada para wartawan di sela acara berlangsung.
Menurut Zulfikar, persoalan yang ada di Palestina bukanlah suatu persoalan agama, melainkan persoalan kemanusiaan yang perlu disuarakan oleh seluruh rakyat Indonesia.
”Ini soal kemanusian yang perlu kita angkat secara bersama-sama, agar pemerintah Indonesia terus menyuarakan pembelaan terhadap rakyat Palestina, serta mengakui kemerdekaan Palestina,” ujarnya.
Selain doa bersama yang digalang puluhan ormas yang ada di Jawa Timur, juga dilakukan penandatanganan peryataan sikap dukungan terhadap kemerdekaan Palestina yang akan dikirimkan ke Konjen Amerika yang ada di Surabaya. Mereka juga mendesak Donald Trump mencabut pernyataanya. (jur)

Komentar