oleh

510 Pelajar Ikuti Seleksi Paskibra Tingkat Kota Madiun

Seleksi Paskibra Kota Madiun. (Diskominfo)
Madiun, Jurnaljatim.com
Peringatan Hari Kemerdekaan RI masih beberapa bulan lagi. Namun, persiapan Pemkot Madiun sudah dilaksanakan sedari dini. Salah satunya, persiapan pasukan pengibar bendera (Paskibra) yang bakal bertugas saat upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan, 17 Agustus nanti.
‘’Hari ini kami mulai untuk seleksinya. Tentu ada penilaian dan kriteria tersendiri,’’ kata Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olah Raga Kota Madiun Agus Purwowidagdo saat membuka seleksi di halaman GOR kompleks Stadion Wilis, Selasa (20/3/2018).
Terdapat 510 putra-putri pilihan yang mengikuti seleksi calon petugas pengibar dan penurunan bendera merah putih saat upacara di Alun-alun Kota Madiun nanti.
‘’Anak-anak ini merupakan pilihan. Setidaknya, mewakili ribuan pelajar se-Kota Madiun untuk tugas mulia nanti. Pastinya mereka akan total dengan memberikan yang terbaik selama seleksi,’’ ujarnya.
Seleksi, kata dia, dilakukan bertahap. Seleksi fisik mengemuka di hari pertama. Mulai, berat dan tinggi badan hingga kecakapan dasar baris berbaris. Agus menyebut seleksi menyisakan 110 pelajar untuk mengikuti seleksi kesehatan di hari kedua besok. Terdiri dari 65 putra dan 45 putri.
Jumlah, lanjutnya, belum final. Ratusan pelajar terbaik itu masih bakal diseleksi kembali hingga menyisakan 78 anak. Rinciannya, 27 putri dan 51 putra. Mereka masih bakal mengikuti seleksi untuk mencari empat pelajar terbaik. Dua putra dan putri terbaik ini bakal dikirim ke Surabaya untuk mengikuti seleksi Paskibra tingkat provinsi.
‘’Prinsipnya persiapan kami lakukan secara matang. Semoga perwakilan yang dikirim dapat membawa nama baik Kota Madiun dengan lolos menjadi petugas Paskibra di Provinsi Jawa Timur,’’ pungkasnya.
Seleksi tingkat provinsi dijadwalkan Mei mendatang. Sedang, mereka yang di Madiun digembleng pelatihan oleh tim seleksi Polres Madiun Kota serta petugas Kodim 0803. (diskominfo)

Komentar