oleh

Begini Peringatan Puncak Hari Jadi Kabupaten Kediri di Simpang Lima Gumul

Kediri, jurnaljatim.com

Pemerintah Kabupaten Kediri menggelar puncak peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri yang ke 1214. Berbagai tarian kolosal, selain tarian Topeng yang dibawakan oleh siswa siswi SD Se Kabupaten Kediri sesuai dengan jumlah hari jadi Kabupaten setempat, Minggu (25/3/2018).

Puncak peringatan hari jadi yang digelar di Simpang Lima Gumul (SLG) Kabupaten Kediri diawali dengan Tari Gambyong Kadiren, Tari Kucingan, yang dibawakan siswa SMP sejumlah 325 orang, dan Tari Pentul Marucul 1214 siswa SD se-Kabupaten setempat serta tarian kolosal yang dibawakan oleh siswa SD se-kabupaten Kediri seribu topeng.

Dalam gelaran tarian kolosal, juga disuguhi kisah Kediri, prosesi sinopsis penyerahan “Prasasti Harinjing” menandai Hari Jadi Kabupaten Kediri yang menggabarkan terbentuknya kerajaan Kediri kala itu.

Bupati Kediri, Haryanti Sutrisno, menjelaskan, tarian kolosal merupakan bentuk partisipasi siswa siswi SD maupun SMP yang ada di Kabupaten Kediri.

“Kita berharap nantinya Kabupaten Kediri bertambah maju tiap tahun, dan masyarakat kediri tahu, dengan diadakan acara sepeti ini, bahwa ulang tahun Kabupaten Kediri tanggal 25 maret,“ujar Bupati dikonfirmasi para wartawan di lokasi usai acara.

Haryanti mengatakan, selain dari panitia penyelenggara, kegiatan tersebut juga dari steak holder yang berpartisipasi serta komunitas-komunitas.

“Mereka mengadakan acara sendiri merupakan bentuk partisipasi masyarakat Kediri dalam memperingati hari jadi kabupaten Ke 1214, seperti steak holder juga komunitas komunitas, diharapkan kedepanya terus berpartisipasi seperti pada tahun ini,” tandasnya.

Selain Bupati Haryanti, acara puncak peringatan hari jadi itu dihadiri para Muspika, para tamu undangan serta masyarakat setempat.

Selian puncak acara Hari Jadi Kabupaten Kediri Ke 1214, sejumlah acara lainnya diantaranya, Kelud Adventure Trail, lari 10 k (SMA dan SMP) dan lari 2K (difable) tanggal 1 Maret, MTQ (Musabaqoh Tilawatil Qur’an), dan juga Jambore Sepeda Kediri.

Disekitat lokasi peringatan, digelar Pameran berbagai produk yang menjadi bagian dari rangkaian kegiatan hari jadi. (zen/jur)

Berita Lainnya