oleh

Wabup Minta Produk Khas Ngawi Dipatenkan

Ngawi, Jurnaljatim.com
Wakil Bupati Ngawi Ony Anwar, ST meminta kepada OPD terkait menindaklanjuti pemasaran Produk Olahan Khas Ngawi. Selain agar segera mengurus hak paten, agar karya inovasi itu tidak dijiplak atau diakui sebagai miliknya oleh pihak lain.
“Kita berharap produk olahan yang dihasilkan sejumlah kelompok di  Kabupaten Ngawi  dipasarkan melalui outlet-outlet di luar Ngawi. Ini harus ditangani secara serius oleh OPD terkait,” tekan Wakil Bupati dalam sambutannya pada acara launching di Halaman Dinas Ketahanan pangan dan Perikanan Kabupaten Ngawi, Rabu (7/3/2018).
Ony menyebut, Produk olahan yang sudah jangan sampai tidak mendapatkan pemasaran. OPD terkait harus mengkaji dan menyediakan anggaran buat mendukung pemasaran produk Olahan Pangan tersebut.
“Dari sisi rasa, kualitas, kemasan dan lainnya usudah sangat bagus, jangan sampai ketika dilempar ke pasar tidak ada pembelinya. Ini harus ditangani dengan serius,” ujar Ony.
Ony juga menegaskan, tidak ingin produk olahan pangan itu diakui sebagai milik orang lain. Untuk itu, produk olahan pangan ini perlu segera dipatenkan sebelum keburu di akui sebagai milik orang lain.
“Jangan sia-siakan. Masalah paten ini perlu diantisipasi, guna menghindari resiko kehilangan nilai ekonomis dikemudian hari. Tak kalah pentingnya, Paten tersebut juga akan menjadi sebuah kebanggaan bagi Kabupaten Ngawi,” kata Ony Anwar.
Lebih lanjut dikatakan, masih untuk mendukung peningkatan produksi dan pamasaran, selain kerjasama yang sudah dilakukan saat ini, Kabupaten Ngawi Menyediakan tempat di Agro Tehno Park yang ada di Kecamtan Ngrambe.

“Kita terus mencari peluang kerjasama dengan berbagai pihak demi mewujudkan masyarakat Ngawi yang sejahtera,” katanya.

Sebelumnya Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Ngawi Sunito  dalam sambutannya mengatakan, saat ini pihaknya telah membina Kelompok Masyarakat.  Acara louncing ini mengunakan anggaran promosi tahun 2018.
“Launching ini bertujuan untuk memperkenalkan produk Olahan Pangan Khas Ngawi  kepada masyarakat,” tuntas Nito. (Uci/jur)

Komentar