oleh

Dewan Harus Siap Seluruh Waktu Untuk Masyarakat

Jurnaljatim.com – Tugas utama anggota Dewan ialah legislasi, anggaran dan pengawasan. Dalam menjalankan tugas-tugas itu, para anggota dewan melakukan sejumlah kunjungan kerja ke sejumlah dalam bentuk studi banding maupun bentuk kerja lainnya.

Disatu sisi, menjadi wakil rakyat harus senantiasi terjun kebawah dan berada di tengah-tengah masyarakat secara langsung. Itu dilakukan untuk menyerap dan menghimpun dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat.

Dengan tugas dan aktifitas yang cukup padat itu, telah dijalani dengan baik oleh oleh Dian Ayunita Prasstumi, Anggota DPRD Jombang, Jawa Timur.

“Kita sudah terpilih dan mendapatkan amanah dari rakyat menjadi DPR, jadi harus dijalankan dengan baik dan sepenuh hati tugas dan amanah itu,” tutur Mbak Ayun sapaan Dian Ayunita Prasstumi, Sabtu (28/4/2018).

Bagaimana mengatur waktu dengan segudang kesibukan tersebut?, Mbak Ayun menuturkan, untuk segala kegiatan dewan, semua sudah terjadwal sepenuhnya. Diantaranya jadwal kunjungan kerja, jadwal serap aspirasi dan lainnya.

Politisi muda dari partai Demokrat itu tidak menampik terkadang sejumlah urusan pribadinya dan keluarganya terkalahkan dengan urusan pekerjaannya sebagai legislatif. Bahkan, ia terkadang harus ‘curi-curi’ waktu untuk bersama keluarga besarnya.

“Lebih banyak Sabtu dan Minggu untuk bersama keluarga. Tetapi, secara non formal (tidak resmi) sering saya manfaatkan untuk terjun ke masyarakat untuk menyerap aspirasi secara langsung. Dengan begitu, kita tahu yang diinginkan masyarakat dan biar tidak ada kesenjangan dengan masyarakat,” tutur ibu satu anak ini.

Setiap pekerjaan, menurut dia, itu pasti ada konsekuensinya (resikonya). Apalagi, menjadi seorang wakil rakyat, harus siap mencurahkan tenaga, fikiran serta seluruh waktunya untuk kepentingan masyarakat.

“Selagi saya di Jombang, Insya Allah dan selama ini terbuka untuk masyarakat. Namun, mohon maaf jika pas diluar daerah karena kegiatan kunjungan tidak berada di tengah-tengah masyarakat. Semua juga sudah banyak yang mengetahui nomor HP saya, dan bisa berkomunikasi langsung dengan saya, terbuka secara umum dan pasti saya respon jika untuk kepentingan masyarakat banyak,” terang Bendahara DPC Partai Demokrat Kabupaten Jombang ini.

Terkait dengan program-program bantuan untuk masyarakat, wanita yang terpilih dari Dapil l Kecamatan Jombang dan Peterongan ini mengaku telah banyak yang diturunkan secara langsung kepada masyarakat, khususnya di Dapilnya. Diantaranya bantuan pembangunan gapura, saluran irigasi dan lainnya.

“Alhamdulillah, semenjak saya menjabat DPR selama 4 tahun ini, sudah banyak program yang terealisasi dan dirasakan oleh masyarakat. Intinya, saya tidak mau banyak berjanji kepada masyarakat. Namun, yang terpenting, saya terus memperjuangkan aspirasi masyarakat dan bermanfaat untuk masyarakat banyak. Mohon doanya, semoga selalu amanah,”pungkas anggota Komisi C DPRD Jombang ini. (*)

Berita Lainnya