oleh

Polresta Kediri Gilas Ribuan Miras Dan Narkotika Hasil Operasi Tumpas Narkoba Semeru 2018

Kediri, jurnaljatim.com – Polresta Kediri memusnahkan ribuan barang bukti miras (minuman keras) oplosan dan narkoba hasil operasi Tumpas Narkoba Semeru 2018. Pemusnahan itu sekaligus merupakan program Polresta Kediri yakni zero tolerance miras, Rabu (16/5/2018).

Barang bukti miras yang dimusnahkan, rinciannya 3.340 botol dan 3.285 liter yang terdiri dari miras berbagai merk sebanyak 2013 botol, miras arjo 1327 botol dan miras arjo 30 L sebanyak 39 jerigen.

“Miras yang dimusnahkan ini terdiri dari berbagai merk antara lain Chivas, whisky, vodka, martel, khuntul, anggur dan lain lain. Sedangkan untuk narkoba yang dimusnahkan yakni sabu-sabu seberat 2,28 Gram, double L 14.500 Pil,” kata Kapolresta Kediri, AKBP Anthon Haryadi, S.IK, M.H.

Ribuan minuman haram dan obat-obatan itu dimusnahkan dengan cara dilindas dengan menggunakan alat berat. Selanjutnya, dilakukan penandatanganan berita acara pemusnahan barang bukti oleh Walikota Kediri, Kapolresta Kediri, Danbrigif 16 WY, Dandim 0809 Kediri, Ketua DPRD Kota kediri dan Kajari Kota Kediri.

Baca Juga:  Bea Cukai Juanda Gagalkan Penyelundupan Narkoba Dari Luar Negeri

Hadir dalam kegiatan pemusnahan barang bukti tersebut, antara lain Pjs Walikota Kediri Dr. Ir. Jumadi, MMT, Kapolresta Kediri AKBP Anthon Haryadi, S.I.K, M.H, Danbrigif 16 WY Kolonel Inf Slamet Riadi, S.I.P, Danyon 521 DY Kediri Mayor Inf Andi Andriyanto Wibowo, S. Sos. Dandim 0809 Kediri Letkol Kav. Dwi Agung Sutrisno, S.E, M. Si, Han, Kajari Kota Kediri Dra. Martini, S.H, Ketua DPRD Kota Kediri H. Kholifi Yunon, S.E. Kadishub, Kasatpol PP Kota Kediri, PJU dan Kapolsek Jajaran Polresta Kediri.

Selain jajaran Forkopimda turut hadir pula tokoh agama dan tokoh masyarakat. Antara lain Ketua PCNU Kota Kediri KH Abu Bakar Abdul Djalil, Romo KH. Abdul Latif Majid Pengasuh Ponpes Kedunglo Gus Lik ( KH MD. Thoha Yahya ), H. Sunarto, M.Si ponpes Walibarokah LDII Kediri, KH M. Anwar Iskandar Pengasuh Ponpes Al-Amin Ngasinan di Kel. Rejomulyo Kota Kediri.

Baca Juga:  Kuras Uang di Kartu ATM, Pria Kesamben Blitar Ditangkap Polisi

Kapolresta mengungkapkan, pemusnahan barang bukti Miras dan Narkoba tersebut merupakan hasil Operasi Tumpas Narkoba Semeru 2018 Polres Kediri kota dalam kurun waktu 2 minggu yg dilanjutkan dg K2YD (Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan) sampai dengan tgl 15 Mei 2018.

“Asumsinya, 1 botol miras dikonsumsi / diminum oleh 5 orang berarti hasil penyitaan kali ini telah dapat menyelamatkan 16.700 orang peminum miras, yang mana kita semua tahu akan dampak buruk yang ditimbulkan dari miras,” kata AKBP Anthon.

Menurut AKBP Anthon, peran tokoh agama serta tokoh masyarakat sangat diharapkan dalam pemberantasan miras. Harapannya, para tokoh masyarakat dan tokoh agama itu dapat memberikan bimbingan dan penyuluhan serta himbauan-himbauan kepada masyarakat untuk menjauhkan diri dari bahaya miras ataupun narkoba melalui mimbar majlis taklim, masjid-masjid, pertemuan-pertemuan lainnya.

Baca Juga:  Puluhan Botol Berisi Miras Dan Satu Pasang Mesum Di Kediri Diamankan Petugas Gabungan

“Sebab kegiatan seperti ini merupakan upaya yg sangat efektif untuk dapat menekan gangguan Kamtibmas serta tindak pidana lainnya,” pungkasnya. (res/jur)

Berita Lainnya