oleh

Fraksi-fraksi Apresiasi Laporan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah

Jombang, JURNALJATIM.COM – Sebanyak 8 fraksi di DPRD Kabupaten Jombang mengapresiasi laporan pertanggungjawaban keuangan pemerintah daerah. Para fraksi menilai hasilnya cukup bagus hingga meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada tahun 2018 kemarin.

Apresiasi itu disampaikan dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Jombang Membahas tentang penyampaian pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Jombang terhadap penjelasan dan pertanggung jawaban Pjs Bupati Jombang tentang Raperda APBD Kabupaten Jombang anggaran tahun 2017, Kamis (21/6/2018).

“Pertama pada sisi pendapatan. Untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD), terdapat kenaikan yang cukup bagus. Fraksi Partai Demokrat mengapresiasi upaya yang telah meningkatkan PAD. Namun, pada sisi lain, masih terdapat penerimaan yang tidak menenuhi target, yaitu pada penerimaan retribusi dan kekayaan daerah. Harapannya, semoga APBD tahun depan dapat terlaksana dengan baik,” kata Dian Ayunita Prasstumi dari Fraksi Demokrat yang membacakan pemandangan umum.

Perwakilan dari Fraksi Partai Hanura menyampaikan bahwa, pertanggungjawaban keuangan harus mampu memberi gambaran yang jelas tentang tuntutan besarnya pembiayaan atas berbagai sasaran yang telah dicapai dan tugas-tugas fungsi pokok harus sesuai dengan kondisi, potensi, dan kebutuhan riil di masyarakat.

“Dengan demikian, alokasi dan lainnya yang ditugaskan dapat memberikan manfaat yang benar-benar dirasakan masyarakat. Tingkat kepuasan sebagai bukti wujud pertanggung jawaban,” kata perwakilan dari Fraksi Hanura.

Semetara, Pjs Bupati Jombang, Setiajit mengatakan, penyampaian pemandangan umum fraksi-fraksi hampir semua fraksi mengapresiasi bahwa laporan pertanggungjawaban keuangan Pemerintah Kabupaten Jombang sangat bagus karna juga mendapatkan Opini WTP.

Bahkan, lanjut Setiajit, fraksi PKB mengatakan apalagi yang diperdebatkan karna semua sudah berjalan sesuai peraturan perundang-undangan.

“Ada 25 perundang-undangan yang menjadi dasar dan pedoman pemerintah Kabaputen Jombang agar bisa berjalan dengan lancar,” Kata Setiajit. (*)

Reporter: Alghoni Luberta

Editor: Azriel

Berita Lainnya