oleh

Pemudik Harus Waspadai 10 Titik Macet di Jatim

Surabaya, Jurnaljatim.com – Selama arus mudik maupun arus balik lebaran 2018 ini, para pemudik harus mewaspadai sejumlah titik macet di Jawa timur.

Kepala Dinas PU Bina Marga Jatim, Gatot Sulistyo Hadi menyampaikan, di Jawa timur terdapat 10 daerah dengan sejumlah lokasi rawan macet yang harus diwaspadai pemudik.

Yakni di Lamongan Pasar Babat, Brondong, di Bangkalan Pasar Tanah Merah dan Pasar Blegah. Kemudian di Gresik, Jalan Raya Duduk Sampean, di Sidoarjo Medaeng-Kletek, di Pandaan Tamandayu, di Malang Pasar Lawang, Karanglo-Batu, di Pasuruan Jalan Raya Cangkringmalang, jalan raya Untung Suropati Bangil (simpang 3 timur alun-alun), dan dii Kertosono Simpang 3 Mengkreng, di Tuban jalan Tuban-Bulu.

“Dari sejumlah lokasi macet terdapat sejumlah titik yang diprediksi kemacetan akan berkurang drastis, bahkan perkurangan arus Diprediksi turun sampai 60 persen,” ungkapnya.

Gatot menjabarkan kemacetan di beberapa titik di Jatim bisa terurai dengan dioperasikannya 4 tol secara fungsional, yakni tol Gempol-Pandaan 1,56 km dan tol Gempol-Pasuruan sepanjang 6,6 km yang bisa mengurai kemacetan di Pasuruan, tol pandan-malang sepanjang 15,15 km, akan mampu mengurangi kemacetan sebesar 60 persen di malang, tol Kertosono-Wilangan sepanjang 38,75 km.

“Tol fungsional bisa mengurai kepadatan jalur di arteri, sehingga mampu mengurangi beban lalu lintas dan diharapkan masyarakat mengunakan tol fungsional saat mudik lebaran, dan taati rambu sekaligus jaga konsistensi kecepatan didlm koridor 40 km, dikarenakan kondisi jalan tol masih belum sempurna ada sejumlah keterbatasan karena memang baru dibuka secara fungsional di moment lebaran,” ujarnya.

Ia mengatakan, yang harus diantisipasi diposisi exit tol dikhawatirkan ada penumpukan arus kendaraan. Untuk itu akan disiapkan sejumlah langkah seperti peralihan pintu keluar tol.

Selain itu, lanjut dia, jika terjadi kemacetan didalam tol, maka tol akan ditutup untuk sementara atau mungkin akan dikeluarkan di perempatan sebidang pada persimpangan sebidang.

Sumber : Pojokpitu

Editor : Azril

Berita Lainnya