oleh

Pria Jatikalen Nganjuk Kuras Uang di ATM BRI Milik Warga Blitar

Nganjuk, Jurnaljatim.com – Yudianto (40), pelaku pencurian kartu ATM (Anjungan Tunai Mandiri) dan menguras uangnya milik Rochaniah, warga Lingkungan Pandean RT 002/RW 004, Desa Tangkil, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar berhasil ditangkap Polsek Jatikalen, Polres Nganjuk, Rabu (11/7/2018).

AKP Sugeng Widodo, Kapolsek Jatikalen menjelaskan, penangkapan pria warga Gang Melati RT 001/ RW 004, Desa Gondang wetan, Kecamatan Jatikalen, Kabupaten Nganjuk setelah pihak menerima laporan dari korban yang uang tersimpan di bank BRI berkurang tanpa sepengetahuannya.

Awalnya, korban menerima pesan singkat (SMS) banking BRI tentang penarikan uang tunai di rekening miliknya. Penarikan itu berturut-turut dan bervariatif, mulai dari Rp 300 ribu hingga Rp 1 juta.

“Saat itu buku rekening dan kartu ATM BRI Simpedes milik korban berada di rumah adik korban, Imam Hidayat (55) yang berada di Desa Gondang wetan, Kecamatan Jatikalen, Kabupaten Nganjuk. Karena buku rekening dan kartu ATM dibuat korban untuk digunakan adiknya yang mempunyai penyakit keterbelakangan mental,” kata AKP Sugeng Widodo dalam rilis tertulisnya yang diterima jurnaljatim.com.

Selanjutnya, lanjut Kapolsek, Korban mendatangi rumah adiknya untuk menanyakan penarikan uang tersebut. Setelah ditanya, ternyata Imam tidak melakukan penarikan. Begitupun dicek, buku dan kartu ATM masi tersimpan didalam lemari.

“Setelah di cek ke kantor BRI dan meminta memperlihatkan CCTV pengambilan uang di mesin ATM, ternyata yang mengambil adalah orang lain. Oleh korban kemudian dilaporkan ke Polsek,” ujar Kapolsek.

Berbekal dari rekaman CCTV, tidak lama pelaku berhasil dibekuk polisi beserta sejumlah barang bujti lainnya.

Dari olah TKP, lanjut mantan Kasat Binmas Polres Nganjuk ini, pelaku mengambil buku rekening dan ATM korban yang nomor pin- nya di tulis di kertas dan di masukan di dalam buku rekening.

“Dan setelah menguras uang di dalam ATM, pelaku mengembalikan lagi buku rekening dan kartu ATM BRI tersebut ke tempat semula,” terang mantan Kabag Humas polres Jombang ini.

Selain pelaku, barang bukti yang diamankan diantaranya, satu lembar print out transaksi penarikan tunai dari BRI Unit Jatikalen, rekaman CCTV di mesin ATM BRI Unit Jatikalen, satu buah buku rekening BRI Simpedes Milik korban, satu buah kartu ATM Simpedes milik korban serta satu unit sepeda motor Yamaha Cripton tanpa nopol.

“Pencurian ini mengakibatkan korban mengalami kerugian sebesar Rp 7.800 ribu,” kata AKP Sugeng.

Saat ini, pelaku telah diamankan di Polsek Jatikalen untuk menjalani penyidikan dan proses lebih lanjut. (*)

Reporter: Z.Arifin
Editor: Hafid

Berita Lainnya