oleh

Puluhan Purel Berkumpul di Balai Pertemuan Desa Jambean, Ada Apa?

Kediri, Jurnaljatim.com – Puluhan wanita yang berprofesi sebagai pemandu lagu atau biasanya disebut purel (PL) berkumpul didalan ruangan Balai Pertemuan Desa Jambean, Kecamatan Kras, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Selasa (14/8/2018) siang. Selain, wanita pemandu lagu, juga tampak sejumlah pria didalam ruangan. Ada apa?

Nur Munawaroh, Kasi P3M (Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular) Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri mengungkapkan, mereka sengaja diundang dan dikumpulan untuk mengikuti sosialisasi tentabg pencegahan penyakit menular, yakni HIV/AIDS.

Agenda pertemuan tersebut bertema Workshop “Kebijakan Penanggulangan HIV/AIDS.

“Kami rutin melakukan sosialisasi seperti ini. Terutama sasarannya para purel yang rentan dengan penyakit menular,” ujarnya kepada jurnaljatim.com di lokasi.

Sosialisasi itu dilakukan oleh Dinas Kesehatan yang bekerjasama dengan Puskesmas dan sebuah LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) yang peduli pada HIV AIDS.

“Selain melakukan sosialisasi pencegahan, kami juga akan melakukab tes, dan itu gratis,” terangnya.

Kepala Desa Jambean H. Hari Amin mengatakan, dalam agenda sosialisasi tersebut, pihak desa hanya sebagai tempat /tuan rumah.

“Yang punya ‘gawe’ dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, dan kami hanya menyediakan tempat,” ujarnya.

Terkait dengan HIV/AID, dalam pembukaan sambutannya, Kades Hari Amin menegaskan bahwa warganya tidak ada yang terjangkit penyakit menular tersebut.

“Saya yakin ya, warga disini tidak ada yang terjangkit HIV/AIDS,” terangnya.

Berdasarkan data absensi di panitia, para peserta yang datang tidak hanya dari Desa Jambean saja, namun dari berbagai desa lain di Kabupaten Kediri. Hingga berita ini dikirim pukil 11.00 WIB, pemaparan masih berlangsung oleh Nur Munawarah dengan materi seputar penyakit menular HIV/AIDS. (*)

Reporter: Z. Arifin
Editor: Azriel

Berita Lainnya