oleh

Bupati Jombang Bersama Masyarakat Lakukan Bersih Sungai di Tembelang

Jombang, JurnalJatim.com – Pemerintah Kabupaten Jombang membuat gerakan bersih sungai bebas dari pencemaran lingkungan. Kali ini, kegiatan bersih sungai bertema Aksi Resik Kali gude Ploso di sungai Kecamatan Tembelang dimpimpin langsung oleh Bupati Jombang Mundjidah Wahab bersama wakil bupati Sumrambah, Sabtu (6/10/2018).

Ikut dalam giat itu, Plt Sekda Jombang, sejumlah Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah), Kapolres Jombang AKBP Fadly Widyanto, siswa-siswi, dan kepala desa.

Kegiatan itu dilaksanakan untuk mengerakkan seluruh masyarakat serta komponen-komponen baik mahasiswa, siswa serta komunitas-komunitas pecinta lingkungan dalam menjaga kebersihan sungai dan melestarikan lingkungan.

Fathurrohman, salah satu ketua komunitas santri jogo kali, mengajak warga masyarakat untuk menjaga kebersihan sungai. Sebab, sungai adalah milik semua masyarakat.

“Yang menyebabkan hitamnya air sungai gude Ploso ini adalah limbah industri yang berperan dan kumpulan dari sampah-sampah limbah industri yang sampai saat ini sulit untuk di bendung. Untuk sungai gude Ploso ini sangat parah diantara sungai yang lain yang ada di Jombang yang masih jauh dari baku mutu,” ucapnya.

Sementara itu, Ir. Yudhi Adriyanto, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, mengatakan dengan adanya jalan tol, kali gude Ploso menjadi teras kabupaten Jombang dan harus terlihat bersih.

“Oleh sebab itu lingkungan hidup bekerja sama dengan pengairan rutin mengagendakan bersih bersih sungai,” ujarnya.

Bupati Jombang, Mundjidah Wahab mengungkapkan, gerakan aksi resik kali merupakan kegiatan peduli lingkungan dengan membersikan sungai gude Ploso dan bertujuan untuk membangun kesadaran bersama dalam menjaga dan melestarikan lingkungan.

Selain itu, kata Bupati, juga memberikan kesadaran kepada masyarakat untuk tidak membuang Sampah di sungai.

“Dikumpulkan aja di rumah biar bank sampah yang mengambil, kan bisa menjadi penambahan Income bagi masyarakat dan Juga mendorong pemerintah yang ada seperti perangkat-perangkat lingkungan untuk selalu mengontrol kebersihan di lingkungannya masing-masing,” ujar Bupati Mundjidah kepada wartawan. (*)


Reporter: Luberta
Editor: Z. Arifin

Berita Lainnya