oleh

Bupati Nganjuk Gelar Temu Wicara Dan Teknologi Pertanian

Nganjuk, JurnalJatim.com – Bupati Nganjuk, Novi Rahman Hidayat menggelar temu wicara dan gelar teknologi pertanian dengan para petani Dusun pojok, Desa Tanjungkalang, Kecamatan Ngronggot, Kabupaten Nganjuk, Rabh (10/10/2018) pagi.

Hadir dalam kegiatan itu, Ir. Istanto Winoto MM, Kepala dinas pertanian Nganjuk, bersama Forpimcan Ngronggot, diantaranya Camat Nafhan Tohawi, Kapolsek AKP Sugeng Hartono, Danramil 0810/09 Kapten Kav Rusmanto, dan H. Lukman Hasim AL SP, Kepala BPPK Ngronggot.

Selain itu, Poktan Sopoyono Desa Kalianyar, Poktan Bakti Desa Banjarsari, Poktan Saritani Desa Mojokendil, Poktan Jelita Desa Cengkok, Poktan Sembodo Desa Dadapan, Poktan Pelita Desa Tanjungkalang serta Kepala desa se Kecamatan Ngronggot.

Camat Ngronggot, Nafhan Tohawi , SH. MH menyampaikan rasa syukur dengan harapan acara tersebut bisa bermanfaat untuk para petani.

Baca Juga:  Camat Jombang Programkan Kunjung Desa Untuk Berantas Narkoba

“Diarea ini adalah area pertanian padi, yang mana bisa menjadi percontohan mengembangkan tanaman padi yang lebih baik di wilayah Kecamatan Ngronggot khususnya Kabupaten Nganjuk,” ucapnya.

Lukman Hasim menjelaskan, Digelarnya Taman Teknologi Pertanian sebagai salah satu bentuk untuk mempercepat penyampaian informasi kepada masyarakat sebagai pengguna, dalam hal ini adalah para petani.

Ia mengungkapkan, hal itu untuk meningkatkan produksi swasembada pangan, meningkatkan produksi pangan yang efisean dan berkualitas dapat mendorong proses penerapan teknologi oleh petani untuk meningkatkan produksi dan mutu hasil pertanian.

“Dalam memajukan pertanian untuk itu, Pertanian didorong untuk mengembangkan ruang geraknya dalam menyebarluaskan teknologi pertanian melalui Taman Teknologi Pertanian,” ujarnya.

Baca Juga:  Tanggapan Ketua Dewan, Terkait Bangunan Lift Dan Ruang Rapat

Sementara itu, Bupati Nganjuk, Novi Rahman mengatakan, Kabupaten Nganjuk mayoritas penduduknya adalah petani, yang menghasilkan produk pertanian unggulan seperti, Padi, Kedelai, Jagung, bawang merah, cabai, melon, tebu, cengkeh, minyak nilam,dll yang dari tahun ke tahun terus meningkat.

“Saya mengharapkan kepada para petani dan kepada para : Kepala BPP, Penyuluh Pertanian, tenaga harian lepas (THL), dan Popt sebagai ujung tombak pembangunan pertanian yang berwawasan Agrobisnis dan berkelanjutan di Kabupaten Nganjuk, agar ikut menyukseskan program yang saya Canangkan yakni Swasembada pangan, kedaulatan pangan dan Agropolitan,” katanya

Dirinya berharap, para petani khususnya dan umumnya kepada para kepala BPP, PPL, THL dan Popt Se- Kabupaten Nganjuk untuk melakukan bimbingan kepada Gapoktan, kelompok tani dan asosiasi petani untuk melakukan kemitraan usaha dengan pihak lain yang saling menguntungkan, saling memperkuat dan saling mendukung dalam pemasaran hasil pertanian dengan perluasan jaringan pasar.

Baca Juga:  Camat Jombang Programkan Kunjung Desa Untuk Berantas Narkoba

“Tularkan terus inovasi teknologi pertanian terkini yang sudah sukses saudara laksanakan guna dialihkan kepada para petani secara baik dan berkelanjutan, sehingga para petani di Kabupaten Nganjuk memiliki kemampuan daya saing tinggi,” terang Bupati Novi.

Ia menambahkan, kepada para patani agar mengikuti proses pembelajaran dengan aktif dan seksama sehingga setelah selesai mengikuti pelatihan ini, diharapkan saudara sebagai penggerak, motivator dan dinamisator pembangunan pertanian di pedesaan berlangsung sukses dan berkelanjutan menuju Nganjuk yang semakin baik.


Reporter: Ahmad Fredi

Editor: Azriel


Berita Lainnya