oleh

Jatim Dan Bali Diguncang Gempa 6,4 SR

Jakarta, JurnalJatim.com – Wilayah Jawa timur dan Bali diguncang Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 6,4 SR, Kamis (11/10/2018) pukul 01.57 WIB.

BMKG melaporkan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7,47 LS dan 114,43 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 55 KM arah timur laut Kota Situbondo, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur pada kedalaman 12 KM.

”Gempa tidak berpotensi tsunami,” ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, Kamis (11/10/2018).

Ia mengatakan, Gempa M6,4 yang kemudian telah dimutakhirkan menjadi M6,3 oleh BMKG terasa di seluruh wilayah Jawa Timur, meliputi Kabupaten/Kota Situbondo, Jember, Banyuwangi, Lumajang, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Bondowoso, Sumenep, Pamekasan, Sampang, Bangkalan, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kota Batu, Kota Malang, Kabupaten Malang, Kabupaten Blitar, Surabaya, Sidoarjo, Jombang, Kabupaten Mojokerto, dan Kota Mojokerto.

”Guncangan gempa dirasakan cukup kuat oleh masyarakat di Sumenep dan Situbondo selama 2-5 detik. Masyarakat berhamburan keluar rumah. Sedang di daerah lain gempa dirasakan sedang selama 2-5 detik,” ujarnya.(*)

Sementara itu, akibat kejadian gempa tersebut, dua orang dikabarkan meninggal dunia dan sejumlah rumah dan bangunan rusak. Korban meninggal Nuril Kamiliya (7) asal Desa Prambanan, Kecamatan Gayam, Kabupaten Sumenep dan H. Nadhar (55) Dsn Jambusok, Desa Prambanan, Kecamatan Gayam, Kabupaten Sumenep. Dari informasi yang diperoleh, bangunan rumah di Sumenep juga mengalami kerusakan. (*)


Reporter: Redaksi

Editor: Hafid


Berita Lainnya