oleh

Polsek Buduran Periksa Kendaraan Yang Melintas Dibawah Jembatan Layang

Sidoarjo, JurnalJatim.com – Beberapa pengendara motor yang melintas dibawah jembatan layang (flyover) Kecamatan Buduran, Kabupate Sidoarjo satu persatu dihentikan polisi untuk diperiksa kelengkapan kendaraanya.

Pemeriksaan yang dilakukan oleh petugas tersebut, dalam rangka giat operasi zebra semeru 2018 yang dilakukan oleh Polsek Buduran, Rabu (31/10/2018).

Dalam pemeriksaannya, jika ada pengendara yang melakukan pelenggaran, diantaranya tidak lengkap surat-suratnya atau pelanggaran kasat mata lainnya, langsung ditilang oleh petugas.

Kapolsek Buduran Kompol Sujud menegaskan, operasi zebra 2018 ini dilaksanakan mulai tanggal 30 Oktober hingga tanggal 12 November 2018 mendatang.

“Intinya, operasi ini dilaksanakan secara serentak di Indonesia. Hal ini, guna menekan angka kecelakaan,” ujarnya.

Baca Juga:  Polisi Gerebek Pabrik Miras di Semanding, Tiga Orang Buron

Mantan Kapolsek Taman itu menjelaskan, ada tujuh poin yang dilakukan dalam operasi tersebut. Diantaranya, pengendara yang menggunakan atau memainkan hp, melawan arus dan melebihi kapasitas muatan.

Selain itu, pengendara dibawah umur, menggunakan narkoba dan mabuk, tidak menggunakan helm serta melebihi batas kecepatan.

“Siapa saja yang melanggar, akan kami tindak tegas dan langsung tilang di tempat,” tegasnya.

Lebih jauh, Sujud menyampaikan, betapa pentingnya arti keselamatan bagi para pengguna jalan. Untuk itu, operasi zebra 2018 di gelar merupakan upaya cipta kondisi gelar operasi Lalin 2018.

Yakni, untuk menyambut natal 2108 dan tahun baru 2019 mendatang. Jadi, semua harus benar-benar dipatuhi bagi pengguna jalan.

Baca Juga:  Polisi Gerebek Pabrik Miras di Semanding, Tiga Orang Buron

“Semua demi kepentingan bersama, dan menyadarkan masyarakat akan pentingnya tertib berlalulintas,” pungkasnya.

Tilang 104 Pelanggar

Sementara itu, operasi zebra semeru 2018 juga dilakukan oleh petugas gabungan di Pacitan. Terdiri dari Polres Pacitan, TNI, dan Dinas Perhubungan setempat.

AKP Miftahul Amin, Kasat Lantas Polres Pacitan dikonfirmasi JurnalJatim.com mengatakan, di hari pertama gelar operasi zebra, ada ratusan pengendara yang telah ditindak karena melakukan pelanggaran.

“Razia di wilayah kota ada 104 pelangar. Tindakan tegas kita tilang,” ujarnya.

Ia menuturkan, operasi itu untuk menekan angka kecelakaan dan mengurangi pelangaran lalu lintas di wilayah hukumnya.

“Kami menghimbau, para pengendara baik roda empat maupun roda dua untuk mentaati peraturan lalulintas dan melengkapi surat-surat kendaraanya,” pungkas mantan Kasat Lantas Polres Ngawi ini. (*)

Baca Juga:  Polisi Gerebek Pabrik Miras di Semanding, Tiga Orang Buron

Reporter: Tim

Editor: Hafid


Berita Lainnya