oleh

Ribuan Santri Ikuti Upacara Peringatan Hari Santri Nasional di Alun-alu

Sidoarjo, Jurnaljatim.com – Ribuan santri ikuti upacara Hari Santri Nasional (HSN) di Alun-alun Sidoarjo, Senin, (22/10/2018) pagi. Selain santri, upacara tersebut juga diikuti anggota Ansor, Banser, Fatayat, Muslimat maupun IPNU serta IIPNU. Ratusan anggota pencak silat NU pagar nusa juga ikut dalam upacara yang dipimpin oleh Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum.

Membacakan sambutan Ketua Umum PBNU KH. Said Aqil Siroj, Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mengatakan tanggal 22 Oktober hari ini, tepat tiga tahun Hari Santri di tetapkan. Hari Santri ditetapkan melalui Keputusan Presiden (Kepres) R.I Nomer 22 tahun 2015 tanggal 22 Oktober 2015 tentang Hari Santri. Terbitnya bertepatan juga dengan tanggal 9 Muharram 1437 hijriyah, salah satu hari besar Umat Islam. Menurutnya, terbitnya Kepres tersebut merupakan keputusan bersejarah. Ia katakan Kepres tersebut merupakan bukti pengakuan negara atas jasa para ulama dan santri dalam perjuangan merebut dan mengisi kemerdekaan.

“Itulah mengapa keluarga besar Nahdlatul Ulama dan seluruh rakyat Indonesia saat ini mengekspresikan rasa syukur dengan memperingati Hari Santri,”ucapnya.

Ia melanjutkan bahwa kiprah santri telah teruji dalam mengkokohkan pilar-pilar NKRI berdasarkan Pancasila dan bersendikan Bhineka Tunggal Ika. Santri berdiri di garda depan membentengi NKRI dari berbagai ancaman. Ia katakan momentum Hari Santri perlu di transformasikan menjadi gerakan penguat paham kebangsaan yang bersintesis dengan paham keagamaan. Hari Santri juga harus digunakan sebagai revitalisasi etos moral kesederhanaan dan spiritualisme yang melekat pada karakter kaum santri.

Lebih lanjut ia katakan penetapan Hari Santri bukan intervensi pemerintah terhadap pesantren. Tetapi bentuk penghargaan kepada santri dan kaum pesantren. Dalam sambutannya, ia juga ungkapkan bahwa peringatan Hari Santri tahun ini terasa begitu istimewa. Pasalnya telah ditetapkan RUU tentang pesantren dan pendidikan keagamaan sebagai RUU usulan inisiatif DPR.

“Mewakili santri se nusantara, saya Said Aqil Siraj, ketua umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama menyampaikan terimakasih kepada presiden Republik Indonesia yangtelah menetapkan Hari Santri sebagai hari nasional,”ucap Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah membacakan sambutan Ketua Umum PBNU Said Aqil Siraj.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Sidoarjo menyampaikan penghargaan kepada santri terpilih sebagai Duta Santri Kabupaten Sidoarjo. (*)


Repoter: Deni Yan

Editor: Hafid


Berita Lainnya