oleh

Silaturahmi ke Tebuireng, Kapolda Jatim Berharap Dapat Dukungan Kesuksesan Pemilu 2019

Jombang, JurnalJatim.com – Sebagai pejabat baru yang memimpin di Kepolisian Jawatimur, Kapolda Jawa timur, Irjen Pol Luki Hermawan melakukan silaturahmi Pondok pesantren Tebuireng, Desa Cukir, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jatim.

Rombongan Kapolda Jatim tiba sekitar pukul 11.00 WIB. Kedatangan Kapolda yang didampingi Kapolres Jombang AKBP Fadli Widiyanto, disambut pengasuh Ponpes Tebuireng, KH. Salahudin Wahid atau Gus Solah di dalem kasepuhan pondok setempat.

Hampir satu jam melakukan pertemuan tertutup. Sementara, para wartawan hanya berada di luar ruangan. Setelah itu, Gus Sholah bersama Kapolda dan rombongan melaksanakan shalat dzuhur bersama di Masjid Pondok pesantren. Setelah itu, Kapolda berziarah ke makam KH. Hasyim Asyari dan Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang berada di belakang masjid pondok.

Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan, mengatakan, kedatangan ke Pesantren Tebuireng untum bersilaturahmi dan mohon doa dan masukan dari Gus Solah yang dianggapnya sebagai orangtua dan guru.

Kapolda juga berharap mendapat dukungan dan saran dari Pengasuh Ponpes Tebuireng Jombang, KH. Salahudin Wahid atau Gus Solah untuk kesuksesan masa tugasnya di Jatim.

Khususnya tugas menjaga keamanan sepanjang tahapan Pilihan legislatif (Pileg) dan Pilpres (Pilihan Presiden) tahun 2019.

“Karena beliau banyak sekali jaringannya para ulama di sini. Sehingga kami nanti akan lebih mudah menjamin keamanan di Jawa Timur,” kata Kapolda Jatim kepada wartawan di Tebuireng didampingi gus Sholah, Minggu (7/10/2018).

Dalam pertemuan tersebut, Kapolda mengaku tidak ada persoalan khusus yang dibahas dengan Gus Solah. Kedatangannya ke Pesantren Tebuireng hanya sebatas silaturahmi.

“Hanya bersilaturahmi dan membesuk Gus Solah yang sebelumnya sempat sakit. Dan Alhamdulillah saat ini beliau sudah sehat,” ujarnya.

Luki mengatakan, dalam pengamanan Pemilu 2019 di Jatim, pihaknya telah menggandeng TNI untuk memastikan situasi selalu kondusif.

“Semua wilayah kami prioritaskan. Karena Pemilu kali ini berbeda dengan Pemilu sebelumnya, Pilpres bersamaan dengan Pileg,” ujarnya. (*)


Reporter: Z. Arifin

Editor: Azriel


Berita Lainnya