oleh

UPTD Puskesmas Patianrowo Gelar Wisata Edukasi

Nganjuk, JurnalJatim.com – Tiga puluh anak-anak dari TK Pertiwi III Desa Tirtobinangun Kecamatan Patianrowo, Kabupaten Nganjuk berkumpul di halaman Puskesmas Patianrowo untuk melaksanakan senam bersama, Jumat (16/11/2018) pagi.

Setelah melaksanakan senam, anak-anak diberikan pengetahuan tentang kesehatan melalui media boneka anak-anak. Selain itu juga diperagakan cara menggosok gigi yang baik dan benar dari petugas puskesmas Patianrowo. Dan di berikan juga berupa doorprise dan hadiah.

Selain itu juga anak-anak diajak bermain tempat bermain in door dan out door tempat yang sudah di sediakan dan juga dilakukan pengenalan pelayanan untuk anak ada diajak keliling ke jalan-jalan ke ruang MTBS Puskesmas Patianrowo.

FOTO: Kegiatan out door di UPTD Puskesmas Patianrwo. (Edi Joko W)

Kegiatan anak-anak tersebut merupakan inovasi dari UPTD Puskesmas Patianrowo, Kabupaten Nganjuk dalam rangka meningkatkan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Salah satu Program yang dilaksanakan adalah “Wisata Edukasi” dan program tersebut merupakan kegiatan yang pertama kali dilaksanakan oleh UPTD Puskesmas Patianrowo.

Wisata Edukasi yang dilaksanakan kali ini juga sebagai upaya mendukung program dari Dinas Kesehatan yaitu Puskesmas Ramah Anak. Yang dalam hal ini, pada progam Wisata Edukasi sebagai upaya memperkenalkan anak tentang Puskesmas dan juga di berikan pemahaman bagi anak usia dini bahwa Puskesmas sebagai tempat yang tidak menakutkan lagi bagi anak-anak.

FOTO: Kegiatan In Door di UPTD Puskesmas Patianrowo. (Joko Edi W)

Kepala UPTD Puskesmas Patianrowo Mamik Endang Ekawati, SKM, MPH kepada Jurnaljatim.com menjelaskan, pihaknya akan terus meningkatkan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat dan juga menciptakan suasana Puskesmas dengan kesan tidak menakutkan bagi anak-anak.

“Salah satunya dengan program Wisata Edukasi bagi anak-anak TK,”terang Mamik Endang Ekawati.

Menurutnya, program Wisata Edukasi adalah program terbaru yang di dalamnya diajarkan bagi anak usia dini tentang pola hidup sehat serta di sediakan sarana tempat bermain bagi anak.

Menurut dia, bahwa sejak oktober sampai november tahun 2018, ada 4 TK yang melaksanakan wisata edukasi. Selanjutnya, kata Mamik, program tersebut akan dilanjutkan di tahun 2019.

“Kita upayakan anak-anak tidak takut bila datang ke puskesmas dan saat orang tua mereka memeriksakan kesehatannya anak-anak bisa bermain di tempat yang sudah di sediakan,”ujar Mamik.

FOTO: Suasanan anak-anak bermain di UPTD Puskesmas Patianrowo (Edi Joko W)

Selain wisata edukasi, Puskesmas Patianrowo juga mempunyai program Pelayanan Ramah Anak Dan Remaja Kasih Terpadu (PARKIT).

Dalam Pelayanan Program Parkit, Puskesmas Patianrowo membuka Poli Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja(PKPR) yang diperuntukkan untuk anak usia remaja usia 10-18 tahun dengan melayani konsultasi remaja mulai dari permasalahan gizi, reproduksi, kesehatan mental dan lainnya yang berkaitan dengan kesehatan usia remaja. (Adv)


Reporter: Edi Joko W

Editor: Azriel


Berita Lainnya