oleh

Kapolres Jombang Pimpin Penandatanganan Pakta Integritas Anggaran DIPA TA 2019

Jombang, JurnalJatim.com – Kapolres Jombang, AKBP Fadli Widiyanto memimpin penandatanganan Pakta Integritas dan ikrar komitmen moral pejabat pelaksana anggaran anggota Polres Jombang tahun anggaran 2019. Kegiatan itu dilaksanakan di Graha Bhakti Bhayangkara (GBB) Mapolres Jombang, Rabu (2/1/2019).

Penandatanganan itu juga dihadiri Waka Polres Jombang, diikuti oleh para PJU (Pejabat Utama), para Kasi, Kapolsek Jajaran, para perwira, bintara dan ASN (Aparatur Sipil Negara) Polres Jombang.

Kapolres dalam amanatnya menyampaikan, penandatanganan pakta integritas itu merupakan tindak lanjut dari dirinya yang telah serah terima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) petikan tahun 2019 sebesar Rp 121.924.710.000 atau 121 miliar lebih pada 28 Desember 2018 kemarin.

Menurut Kapolres, dana tersebut harus dikelola dengan penuh tanggung jawab dan harus mencapai sasaran yang telah ditetapkan, melaksanakan program kegiatan dan membuat perwabku sesuai dipa RKA-KL Tahun Anggara2019. Kemudian, menyalurkan seutuhnya kepada personil yang berhak menerima tanpa potongan kecuali pajak yang telah ditentukan.

Baca Juga:  Polsek Patianrowo Berikan Pemahaman Disiplin Belajar Kepada Siswa SD

“Kepercayaan yang diberikan oleh pemerintah harus kita jaga, agar komitmen pemerintah untuk memberikan kepercayaan kepada kita semakin tinggi,” kata Kapolres

Penandatanganan Pakta integritas itu sesuai dengan peraturan Men PAN nomor : 49/tahun 2011 tentang pedoman umum pakta integritas di lingkungan kementrian / lembaga dan pemerintah daerah.

Pakta integritas merupakan pernyataan atau janji kepada diri sendiri tentang komitmen melaksanakan seluruh tugas, fungsi, tanggung jawab, wewenang dan peran sesuai dengan peraturan perundang – undangan dan kesanggupan untuk tidak melakukan korupsi, kolusi dan nepotisme.

“Selain itu pakta integritas merupakan wujud penyelenggaraan pemerintah yang akuntabel, transparan dan bertanggung jawab dalam rangka menciptakan pemerintahan yang baik dan bertujuanuntuk memperkuat komitmen bersama dalam pencegahan dan pemberatasan korupsi, menumbuhkan keterbukaan dan kejujuran serta memperlancar tugas yang berkualitas, efektif dan akuntabel dan juga termasuk untuk mewujudkan pribadi yang bertanggung jawab dan bermartabat,” jelas orang nomor satu di Polres Jombang ini.

Baca Juga:  Polsek Patianrowo Berikan Pemahaman Disiplin Belajar Kepada Siswa SD

Setidaknya ada 7 isi dari pakta integritas polri yang telah ditandatangani, pertamaberperan secara pro aktif dalam upaya pencegahan dari perbuatan kkn serta tidak melibatkan diri dalam perbuatan tercela. Kedua, tidak meminta atau menerima pemberian secara langsung atau tidak langsung berupa suap, hadiah, bantuan atau bentuk lainya yang tidak sesuai denganketentuan yang berlaku. Ketiga, bersikap transparan, jujur, obyektif dan akuntabel dalam melaksakan tugas.

Kemudian, keempat menghindari pertentangan kepetingan (conflict of interest) dalam melaksanakan tugas. Kelima, memberi contoh dalam kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dalam pelaksanakan tugas, terutama kepada bawahan yang dibawah pengawasannya dan sesama anggota di lingkukngan kerja secara konsisten.

Dan keenam menyampaikan informasi penyimpangan integritas di kesatuan polres jombang serta turut menjaga kerahasiaan saksi atas pelanggaran peraturan yang di laporkan. Serta terakhir bila melanggar hal-hal tersebut diatas, siap menanggung konsekuansinya. (*)

Baca Juga:  Polsek Patianrowo Berikan Pemahaman Disiplin Belajar Kepada Siswa SD

Reporter: Z. Arifin

Editor: Azriel


Berita Lainnya