oleh

Kepala Daop 7 Madiun Resmikan Taman Monumen Lokomotif Uap Buatan Jerman

Madiun, JurnalJatim.com – Taman Monumen Lokomotif C2606 yang berada di dekat Jalan Perlintasan Langsung (JPL) no 138, Madiun telah diresmikan oleh Vice President (Kepala Daop 7 Madiun) Heri Siswanto. Turut mendampingi peresmian tersebut, Deputy Vice President Rumekso, beserta sejumlah jajaranya, Senin (7/1/2019).

Prosesi peresmian dilakukan dengan pemotongan pita lalu menerbangkan balon. Setelah itu, dilakukan penandatanganan prasasti taman tersebut.

VP Daop 7 Madiun Heri Siswanto melalui Manager Humas KAI Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko mengatakan, taman monumen loko tersebut sebagai simbol sejarah dan tempat bermain warga masyarakat Madiun. Konsep taman tersebut dibuat tidak hanya untuk Ruang Terbuka Hijau ( RTH), namun juga sebagai tempat hiburan.

Baca Juga:  Polsek Patianrowo Berikan Pemahaman Disiplin Belajar Kepada Siswa SD

Ia menjelaskan, pembangunan taman loko merupakan gagasan dari terpantau seringnya warga masyarakat tiap sore bermain di area tersebut. Padahal sesuai UU no 23 tahu 2007 tentang perkeretaapian, itu melanggar karena berada di daerah tertutup untuk umum.

“Maka dengan dibuatnya taman ini, warga bisa terakomodir untuk bermain dengan aman. Yakni aman untuk perjalanan kereta apinya juga aman untuk dirinya sendiri. Untuk wilayah kewenangan tugasnya di stasiun,” terang Ixfan.

Dengan lokomotif C2606 yang terpasang di taman tersebut, harapannya warga bisa mengetahui history (sejarah) bagaiamana perubahan PT KAI dari waktu ke waktu. Adapun data teknis Lokomotif C2606 adalah lokomotif uap buatan pabrik Henschel, Jerman.

Baca Juga:  Polsek Patianrowo Berikan Pemahaman Disiplin Belajar Kepada Siswa SD

“Lokomotif ini memiliki susunan gandar 0-6-0T dan berat 21 ton. Lokomotif ini dapat menggunakan bahan bakar, kayu jati atau batu bara, kemapuan berjalan dengan kecepatan 25 km perjam,” ujarnya. (Ril)


Editor: Z. Arifin


Berita Lainnya