oleh

Polres Jombang Luncurkan Program Laporan Online Dan SIM Driver Thru

Jombang, Jurnaljatim.com – Polres Jombang melakukan Launching Inovasi layanan publik LAPO (Laporan polisi Online) dan layanan perpanjang SIM Driver Thru. Peluncuran program bertajuk “gebyar inovasi Polres Jombang” itu dilaksanaka di Halaman Satlantas Polres setempat, Kamis (10/1/2019).

Hadir dalam launching tersebut, Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan bersama Irwasda, Deputi pelayanan publik Kemenpan RB, Prof. Dr. Diah Natalisa MBA, Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab, Kapolres Jombang AKBP Fadli Widiyanto, para PJU, Kapolsek jajaran Polres Jombang dan sejumlah tamu undangan.

“Layanan LAPO memiliki cita cita bahwa masyarakat dalam melapor tidak akan harus datang ke kantor polisi. Cukup download aplikasi saja dan cara melaporkan melalui Online yang bertujuan untuk memutus mata rantai terjadinya korupsi,” kata Kapolres Jombang dalam sambutannya.

Yang kedua, kata Kapolres, pelayanan perpanjangan SIM (Surat Ijin Mengenudi) Drive thru. Yakni layanan tanpa turun dari kendaraan. Sistem layanan tersebut pertama kali hanya di Polres Jombang.

Baca Juga:  Polsek Patianrowo Berikan Pemahaman Disiplin Belajar Kepada Siswa SD

“Layanan ini hanya memerlukan waktu kurang dari 7 menit sudah bisa akses. Guna memenuhi harapan masyarakat humanis sebagai implementasi pelayanan SIM. Merupakan program pelayanan cepat. dengan pemohon tanpa turun dari kendaraan sesuai waktu yang ditentukan,” terang Kapolres.

AKBP Fadli mengatakan, Revitalisasi bangunan kantor layanan SIM dan kantor layanan SKCK berkonsep sebuah Cafe. jadi untuk urusi SKCK tidak seperti di kantor polisi. dengan layanan publik tersebut polres Jombang lebih dekat dengan masyarakat.

Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab mengapresiasi terobosan luar biasa yang dilakukan oleh Polres Jombang. Pelayanan drive thru, adalah pelayanannya tanpa turun dari kendaraan, cepat murah untuk masyarakat Jombang dalam rangka mewujudkan Jombang berkarakter dan berdaya saing.

Baca Juga:  Polsek Patianrowo Berikan Pemahaman Disiplin Belajar Kepada Siswa SD

“Dengan demikian kapolres yang setelah bertempat di Jombang menemukan ide yang luar biasa. yaitu terobosan pelayanan cepat murah dan mudah,” kata Bupati memuji Kapolres.

Sementara itu, Deputi pelayanan publik Kemenpan RB, Diah Natalisa saat sambutan juga mengapresiasi terobosan tersebut. Hari ini, kata dia, sudah melihat tayangan dalam rangka upaya upaya pelayanan yang dilakukan oleh Polres Jombang, yaitu launching pelayanan publik LAPO dan perpanjangan SIM Drive Thru.

“Kami sangat apresiasi Polres Jombang. Ini merupakan suatu aplikasi yang bisa diintegrasikan. Inovasi yang dibangun merupakan salah satu indikator pelayanan publik. sesuai visi misi polri yang terpercaya. layanan publik yang dibangun oleh polres Jombang juga harus di bangun di instansi di Pemkab Jombang,”ucapnya.

Sementara itu, Kapolda Jatim Luki Hermawan mengungkapkan, Gebyar inovasi yang diresmikan tidak akan bisa tercapai jika Kapolres tidak dekat dengan Forkopimda.

Baca Juga:  Polsek Patianrowo Berikan Pemahaman Disiplin Belajar Kepada Siswa SD

Menurut Kapolda, ini merupakan sistim pelayanan yang sangat baik, karena program yang diperintahkan Kapolri, termasuk Presiden menyampaikan bahwa intansi dalam melayani masyarakat dengan semudah mungkin dan tidak berbelit.

“Ini semua atas kerjasama antara Forkopimda bersama masyarakat. karena salah satunya tuntutan masyarakat adalah mendapatkan pelayanan yang cepat dan tidak berbelit,” ujarnya.

“Kedepan untuk melakukan perubahan dan selalu melakukan evaluasi dan belajar dari pengalaman. Hari ini polres Jombang lebih siap menangani dinamika masyarakat Jombang. Semoga Jatim khususnya Jombang dalam kondisi aman dan damai,” sambungnya.

Usai memberika sambutan, Kapolda Jatim kemudian membuka secara resmi pelayanan Drive Thru dan Layanan LAPO. (*)


Reporter: Tim

Editor: Azriel


Berita Lainnya