oleh

Revolusi Industri, Indonesia di Urutan ke-4

Jombang, Jurnaljatim.com – Negara Indonesia akan berada di urutan ke 4 pada revolusi industri. Yang pertama yakni Cina, India, Amerika lalu Indonesia. Hal itu disampaikan Menristek RI, Prof H. Muhammad Nasir, Ak, Phd dalam stadium general (kuluah umum) di kampus STMIP PGRI Jombang, Jumat (11/1/2019).

“STKIP PGRI ikut andil mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia melalui tantangan revolusi industri,” terang Menteri M Nasir.

Dihadapan mahasiswa dan para akademik, Menteri Nasir menjelaskan perkembangan perguruan tinggi di Indonesia dampak dari revolusi industri sebelumnya dikenalkan dalam bidang Pertanian. Selanjutnya, dalam perkembangan muncul tehnologi uap.

“Perkembangan tehnologi muncul tekstil dari waktu ke waktu teknologi tidak berjalan lama,” jelas Menristek Muhammad Nasir.

Baca Juga:  Anggota Satpol PP Jombang Ditemukan Tewas Mengapung di Sungai Mayangan

Kemudian bergeser suatu pergerakan muncul tejnologi otomotif. Yakni pada tahun 1940 bergerak sampai tahun 1960, adanya otomotif yang bergerak dari mesin uap menjadi mesin energi. Sedangkan mobil bergerak memunculkan listrik hingga pergerakan yang cukup menarik. adanya sistim robot muncul yang memunculkan sistem otomatisasi melalui komputer.

“Selain itu, dulu untuk mengolah data sekitar 1 sampai 2 jam, akan tetapi adanya komputer untuk menyelesaikan data menggunakan komputer. Untuk sumber daya Manusia juga akan dilakukan penguatan dan pengembangan,” ucapnya.

Seiring dengan tantangan kedepan yang semakin besar, dirinya berharap, kampus STKIP mampu menjadi perguruan tinggi yang mencerdaskan anak bangsa dalam menghadapi revolusi industri,”ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua STKIP PGRI Jombang Munawaroh diawal sambutannya menyampaikan sekilas profil tentang kampus yang berada di Jalan Patimura Jombang.

Baca Juga:  Duel Maut, Warga Ngancar Tewas Bersimbah Darah

Kuliah umum yang mengambil tema Tantangan STKIP PGRI Jombang pada era revolusi Industri 4.0 di aula lantai dua tersebut, dihadiri civitas akademika dan para mahasiswa STKIP PGRI Jombang. (*)


Reporter: Luberta

Editor: Z. Arifin


Berita Lainnya