oleh

Veteran Sidoarjo Siap Sukseskan Pemilu 2019

Sidoarjo, Jurnaljatim.com – Dengan tema “legiun veteran RI bertekad mensukseskan pemilu dengan menjaga persatuan dan kesatuan demi tegaknya NKRI. DPC LVRI Sidoarjo, menggelar acara HUT veteran RI ke 62 di Derias Resto Taman Pinang Sidoarjo, Selasa (8/1/2019).

Ketua DPC LVRI Sidoarjo Ach. Nasikun mengatakan, peringatan HUT LVRI yang ke 62 atas dasar Keppres RI no. 103 tahun 1957 tentang Legiun Veteran Republik Indonesia.

“Tepatnya di tanggal 2 Januari 1957, dan pada hari itu ditetapkan sebagai hari dimana terbentuknya LVRI,” ucap pensiunan TNI AD dengan pangkat terakhir Letkol.

Disampaikannya, anggota veteran yang ada di wilayah Sidoarjo, yang masih hidup sampai sekarang sebanyak 1389 anggota. Anggota tersebut dari unsur TNI, Polri dan sipil, yang terbagi dalam 21 perwakilan dari 18 kecamatan.

Baca Juga:  Anggota Satpol PP Jombang Ditemukan Tewas Mengapung di Sungai Mayangan

“Dengan jumlah ribuan anggota, kami ikut menyukseskan pemilu 2019 nanti. Sesuai dengan tema HUT tahun ini,” tuturnya.

Lebih jauh, ia menjelaskan, peringatan HUT LVRI tersebut, merupakan wujud rasa hormat kepada para pahlawan yang gugur dalam merebut kemerdekaan bangsa. Selain itu, juga dapat memberi contoh bagi generasi muda saat ini.

“Generasi muda wajib untuk menjaga keutuhan NKRI, dan bhineka tunggal ika. Selalu menegakkan pancasila, dan UUD 1945,” tandasnya.

Nasikun juga mengungkapkan, Bupati Sidoarjo telah memberikan hadiah pada veteran Sidoarjo, yakni memberi sebuah nama jalan yang dulunya adalah jalan lingkar timur, sekarang menjadi jalan Veteran.

“Terimakasih kami ucapkan. Meskipun hanya sekedar nama, kami sangat bangga dan nama veteran akan selalu dikenang oleh bangsa dan negara,” pungkasnya.

Baca Juga:  Tiga Hari di Jatim, AHY Safari Politik ke Wilayah Pantura

Sementara itu, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah yang turut hadir menyampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi- tingginya kepada para pejuang bangsa, yakni para veteran republik Indonesia.

“Semoga perjuangan tersebut, tercatat mulia sebagai amal ibadah,” ungkapnya.

Bupati juga berharap, para generasi muda khususnya pemuda Sidoarjo, dapat meneladani semangat juang para pahlawan, dan dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari. Generasi kita sekarang ini, sudah bisa berpikir untuk membangun dirinya sendiri.

“Karena bangsa yang besar, adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya,” pungkasnya.

Terpisah, sekretaris DPC LVRI Sidoarjo Ismail kepada Jurnaljatim.com menceritakan, DPC LVRI Sidoarjo sebelumnya sempat vakum. Namun, setelah Nasikun memegang sebagai pejabat antar waktu, DPC LVRI Sidoarjo mulai hidup dan bangkit kembali.

Baca Juga:  Duel Maut, Warga Ngancar Tewas Bersimbah Darah

“Ia memegang mulai tahun 2017-2019. Saya berharap, pemilihan ketua tahun ini, Nasikun terpilih menjadi ketua,” ungkapnya. (*)


Reporter: Deni Yan

Editor: Hafid


Berita Lainnya