oleh

581 Orang di Sidoarjo Dapat Pengobatan Mata Gratis

Sidoarjo, JurnalJatim.com – Katarak menjadi salah satu penyebab kebutaan, yang banyak terjadi di Indonesia. Penyebabnya, karena ada kekeruhan warna putih di lensa mata. Hal itu terjadi, seiring bertambahnya usia seseorang.

Keluhan yang ditimbulkan, yakni mata terasa buram dan gangguan penglihatan. Kalau sudah parah, akan menimbulkan kebutaan. Untuk mengetahui itu, sebagai tahap awal diperlukan screening mata.

“Screening mata ini, sebagai tahap awal sebelum dilakukan tindakan selanjutnya,” tutur Dr. Joko Subagyo di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo, Rabu (20/2/2019).

Joko juga menjelaskan, tindakan selanjutnya yang dilakukan ada beberapa kriteria. Seperti, diberikan obat atau kacamata, bahkan bila perlu dilakukan tindakan operasi.

“Untuk itulah, Baznas Sidoarjo memberikan pengobatan mata gratis pada warga yang kurang mampu,” ungkapnya.

Pengobatan mata gratis itu, dihadiri sebanyak 581 pasien dari berbagai kecamatan yang ada di wilayah Sidoarjo. Adapun petugas kesehatan yang melayani screening mata, dari RS. Mata Fatma Sepanjang Taman Sidoarjo.

“Seluruh biaya pengobatan di ambil dari dana zakat, infaq dan shodaqoh dari kalangan ASN Sidoarjo,” ucap Ketua Baznas Sidoarjo.

Dalam kegiatan sosial ini, nampak hadir Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin sekaligus membuka kegiatan tersebut. Wabup menyampaikan rasa terima kasih atas kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini, masih dalam rangkaian peringatan HUT Sidoarjo ke 160,” paparnya. (*)


Reporter: Deni Yan

Editor: Azriel