oleh

Forum Antar OPD di Ngawi, Singkronkran Program Tahun 2020

Ngawi, Jurnaljatim.com – Setiap program di pemerintahan harus ada keselarasan antar OPD (Organisasi Perangkat Daerah). Guna mensingkronkan program di tahun 2020, Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ngawi menggelar Forum OPD.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ngawi, Rahmat Didik Purwanto, mengatakan, kegiatan itu merupakan tindaklanjut dari kegiatan Musrenbang yang telah dilaksanakan sebelumnya, mulai tingkat desa hingga kecamatan.

“Ini perencanaan bottom up, jadi sebenarnya di perencanaan daerah ada tahapan renstra, renstra lima tahun berdasarkan visi misi Bupati. Tetapi ada juga perencanaan bottom up, inilah prosesnya,” kata Didik.

Ia mengatakan, setelah musrenbang, baru kemudian dilaksanakan forum OPD. Yakni, untuk mendiskusikan masukan-masukan dari masyarakat.

“Masukan masyarakat kita diskusikan di bidang masing-masing pada forum ini,” kata dia dalam Forum OPD yang dilaksanakan di Taman Wisata Tawun, Ngawi, Rabu (27/2/2019).

Forum OPD tersebut, lanjut dia, untuk berkoordinasi dengan OPD terkait, camat, LPM, dan provinsi terkait program apa yang akan dilakukan nantinya.

Lanjut Didik, Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga juga selalu berkoordinasi dengan dinas lain yang terkait, khususnya Dinas PM PTSP soal perizinan.

“Kita selalu koordinasi dengan PTSP, guna mengegolkan program. Kami singkronkan program dengan PTSP,” kata dia.

Terkait program 2020, Ia mengatakan ada beberapa yang sedang direncanakan, salah satunya terkait meningkatnya kunjungan wisatawan, meningkatnya partisipasi masyarakat dalam ekonomi kreatif, melestarian budaya daerah, meningkatkan prestasi pemuda dan olahraga di Kabupaten Ngawi. (*)


Reporter: Abdul Ghofar
Editor: Hafid