oleh

Razia Narkoba di Lapas Kelas IIB Jombang, Petugas Temukan Paku

Jombang, Jurnaljatim.com – Razia gabungan yang dilakukan oleh petugas Lapas dan Polri di Lapas kelas IIB Jombang dengan sasaran Hand Phone (HP) dan Narkoba dilakukan Jumat (15/2/2016) malam. Pada razia itu, petugas menggeledah blok yang ada di Lapas tersebut. Tidak ditemukan barang yang dicari, namun petugas justru menemukan barang berbahaya.

Kepala Lapas Kelas IIB Jombang, Wachid Wahono mengatakan operasi bersih HP dan narkoba kali ini tidak ditemukan kedua benda tersebut.

“Razia malam ini sasarannya adalah Narkoba dan HP, dan saat dilakukan penggeledahan, tidak ditemukan benda tersebut. Tetapi, petugas menemukan paku, kawat kecil, alat potong kuku, kabel dan obat yang seharusnya itu dari dokter,” kata Wachid Wahono usai melakukan razia didampingi AKP Moch Mukid, Kasat Resnarkoba Polres Jombang.

Semua temuan benda berbahaya itu, kemudian diamankan oleh petugas lapas. Menurut Wachid, benda paku yang ditemukan itu, kemungkinan berasal dari rehab bangunan di Lapas dan dibawa oleh Napi.

“Ini menjadi evaluasi kami. Pengawasan dan pengamanan akan terus kami tingkatkan, yakni dengan menggelar razia rutin,”kata Kepala Lapas yang baru menjabat 4 bulan di Jombang ini.

Selain melakukan penggeledahan, petugas juga melakukan test urine kepada kepada pegawai lapas kelas IIB Jombang. Sebanyak 74 pegawai di tes urin oleh petugas lapas.

“Tes urine terhadap pegawai Lapas hasilnya negatif. Ini sebagai komitmen kami perang melawan Narkoba. Kedepan, kami juga akan melakukan test urine terhadap warga binaan,” tandasnya.

Sementara, Kasat Resnarkoba Polres Jombang, AKP Moch Mukid menambahkan, razia di Lapas tidak ditemukan adanya Narkoba. Menurut Mukid, pihaknya akan menindak secara tegas jika ada napi yang ketahuan menyimpan barang haram tersebut.

Baca Juga  Petugas Bandara Juanda Gagalkan Penyelundupan Ular Mematikan

“Seperti yang disampaikan Pak Kalapas, dalam razia kali ini tidak ditemukan adanya narkoba. Saya berharap, tidak ada peredaran Narkoba disini, jika sampai itu ada maka akan kami tindak tegas sesuai dengan hukum yang berlaku,” ujarnya.

Dirinya juga mengapresiasi kegiatan test urine yang dilakukan oleh Lapas Jombang terhadap pegawainya. Menurut Mukid, langkah itu merupakan komitmen dalam pemberantasan Narkoba di Kota Santri ini.

“Narkoba itu musuh bersama karena merusak generasi bangsa. Kami mengapresiasi kegiataan test urine bagi pegawai Lapas Jombang. Ini bagian dari komitmen bersama memerangi Narkoba,” pungkas AKP Mukid yang turut menyaksikan kegiatas test urine bersama Kasat Sabhara AKP Rudi yang melakukan pengamanan kegiatan tersebut.(*)

Reporter: Z. Arifin

Editor: Hafid