oleh

Bupati Mundjidah Wahab hadiri Musrenbang Kabupaten Jombang Tahun 2019

JOMBANG (Jurnaljatim.com) – Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab, membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Jombang tahun 2019 dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2020, di Gedung Bung Tomo Kantor Pemkab Jombang, Senin (25/3/2019).

Hadir dalam Musrenbang tersebut, Kepala Bakorwil II Bojonegoro, Wakil Bupati, Forkopimda, Ketua DPRD, Sekda, Kepala Bappeda Provinsi Jawa Timur, Kepala Bappeda dari Kabupaten tetangga sekitar seperti Mojokerto, Nganjuk, Kediri, Bojonegoro, Lamongan, Malang, kepala OPD, Camat se-Kabupaten Jombang, Ormas, Perguruan Tinggi, Perusahaan, BUMN, Organisasi wanita, Forum Anak Jombang dan tokoh masyarakat.

Ketua DPRD Jombang, Joko Triono menyampaikan pokok pikiran DPRD Jombang sejumlah 735 item, guna menyusun Perencanaan Prioritas Pembangunan Pemerintah Kabupaten Jombang 2020.

“Pokok-pokok pikiran DPRD ini disesuaikan dengan visi misi Kabupaten Jombang “Berkarakter dan Berdaya Saing”, tuturnya

Kepala Bakorwil Il Bojonegoro, Drs. Abimanyu Poncoatmojo Iswinarno MM dalam sambutannya berharap perencanaan program pembangunan Kabupaten Jombang harus sinergi, efektif, efisien dan berkesinambungan.

Sementara itu, Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab menyampaikan, Musrenbang menjadi salah satu tahapan penting dan strategis bagi keberlanjutan Pembangunan. Tema Pembangunan Tahun 2020 adalah “Peningkatan SDM yang berkualitas, berdaya saing, religius, dan berbudaya dengan pemenuhan infrastruktur dasar”.

Sedangkan fokus pencapaian tahun 2020 menjadi sangat penting dalam upaya menggapai visi dan misi Kabupaten Jombang, yaitu mewujudkan masyarakat Kabupaten Jombang Yang Berkarakter Dan Berdaya Saing.

Hasil Musrenbang RKPD secara teknis akan dijadikan bahan penyempurnaan terhadap rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2020.

“Saya berharap Musrenbang ini ada umpan balik dari semua pihak sepanjang untuk kemaslahatan masyarakat Kabupaten Jombang,” tutur Hj. Mundjidah Wahab Bupati Jombang.

Baca Juga  Gunungan Jaler dan Esteri Diarak pada Grebeg Maulud Nabi

Mundjidah juga mengatakan, Musrenbang Kabupaten merupakan sebagai forum pembahasan rencana pembangunan daerah tahun mendatang yang melibatkan peran serta masyarakat dan swasta serta lintas sektor, lintas wilayah, juga lintas kewenangan. Koordinasi perencanaan program beasiswa itu sudah menunjukkan perkembangan yang lebih baik, dimana pemerintah daerah yaitu RPJMD Kabupaten Jombang tahun 2018-2023.

Untuk mendukung peningkatan efektivitas dan kualitas perencanaan pembangunan daerah, dalam penyusunan rencana pembangunan tahun 2020 ditetapkan adanya kebijakan Jombang Berkarakter dan berdaya saing (berkadang) serta usulan prioritas Kecamatan.

“Saya berharap partisipasi segenap stakeholders yang hadir, khususnya sumbang saran dan pemikiran dalam pembahasan di forum ini serta bagaimana untuk dapatnya membangun sinergitas maupun berbagi peran antara pemerintah kabupaten dengan segenap organisasi dan stakeholders yang ada dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ucap Bupati.

Sekali lagi, lanjut Mundjidah, dirinya berharap bahwa dalam forum musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) ini dapat menghasilkan perencanaan pembangunan yang lebih baik untuk mewujudkan “Jombang yang berkarakter dan berdaya saing”. (*)


Editor: Azriel