oleh

Bupati Nganjuk Minta Kades Sinkronkan Program

Nganjuk, Jurnaljatim.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk melakukan pelantikan tahap dua kepada sebanyak 53 Kepala Desa (Kades) untuk masa jabatan 2019 – 2025 di Pendopo Kabupaten, Kamis (21/3/2019) pagi.

Pelantikan itu merupakan kelanjutan dari pelantikan tahap pertama sebanyak 165 Kades. Untuk pelantikan tahap dua tersebut disesuaikan dengan masa jabatan pada bulan Maret ini.

Bupati Nganjuk, Novi Rahman Hidayat menyampaikan kepada para Kades yang dilantik untuk melakukan pembahasan program desa dengan memanfaatkan Dana Desa yang disesuaikan dengan rencana pembangunan daerah.

“Pemerintah Daerah kemarin dalam Musrenbang telah menyinkronkan rencana pembangunan daerah dengan pemerintah provinsi. Harapannya, dalam pembangunan desa juga memperhatikan arah pembangunan pemerintah daerah,” kata Novi dalam keterangan tertulis diterima Jurnaljatim.com

Menurut bupati yang akrab disapa Mas Novi, ada tiga hal penting yang patut menjadi perhatian Kades. Pertama, memasukkan program pembangunan infrastruktur sebagai prioritas. Kedua menjalankan pembangunan Sumber Daya Manusia berkualitas dan Ketiga, memprioritaskan pembangunan kemandirian ekonomi.

Sementara itu, Kepala Desa Sumber Kepuh, Marianto mengatakan cukup puas dengan himbauan yang telah diberikan bupati. Terkait penyesuain program desa dengan daerah tentunya akan dilakukan.

Lebih utama di Desa Sumber Kepuh, menurutnya, adalah pembangunan infrastruktur jalan dan saranan pengairan. Banyak jalan Desa maupun Kecamatan yang kondisi jalannya sudah rusak, termasuk akses untuk menuju ke area pertanian desa.

“Arahan Bupati sesuai dengan harapan, kami utamakan pembangunan jalan dan saluran irigasi,” kata Kades Marianto, saat dijumpai Jurnaljatim.com

Lebih lanjut, potensi pengelolaan sewa ruko disepanjang jalan raya Madiun-Surabaya yang merupakan aset desa sebagai sumber untuk menambah pemasukan Desa. Anggarannya dipergunakan untuk membantu Dana Desa dan Anggaran Dana Desa untuk pembangunan sejumlah infrastruktur. (*)

Baca Juga  Tiga Kendaran Bertabrakan di Perempatan Ngrandu

Editor : Azriel