oleh

Bupati Sidoarjo Berharap Kembali Meraih WTP

SIDOARJO (Jurnaljatim.com) – Bersama Kepala Daerah lainnya se-Jawa Timur, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah hadir menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2018, Jum’at (22/3/2019) sore.

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah menyampaikan, penyerahan LKPD harus mendapatkan perhatian yang serius. Sebab, itu menjadi pertanggungjawaban keuangan dan kewajiban Pemerintah Daerah.

“Alhamdulillah, Pemkab Sidoarjo menyerahkan tepat waktu,” ucap Bupati Sidoarjo kepada Jurnaljatim.com

Ditambahkannya, demi terwujudnya pemerintahan yang baik dan akuntabel, Pemkab Sidoarjo di setiap tahun selalu melaporkan keuangannya pada BPK tepat waktu sesuai peraturan. Terbukti, selama lima tahun berturut-turut, Pemkab Sidoarjo mendapat predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

“Semua berkat kerja keras, seluruh jajaran Pemkab Sidoarjo. Semoga tahun ini, Sidoarjo dapat meraihnya kembali,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala BPK RI Jatim Hari Purwaka melalui Humas BPK Dian menyampaikan, laporan keuangan itu hukumnya wajib dan sebuah keharusan untuk pemerintahan daerah di Jawa Timur.

Hal itu, berdasarkan atas UU RI tahun 2004 tentang perbendaharaan daerah. BPK sendiri memiliki standar akuntansi pemerintah, kecukupan pengungkapan dan kepatuhan terhadap perundangan.

Selain itu, efektivitas dalam sistem pengendalian internal. Hasil dari pemeriksaan, nantinya akan menentukan opini yang akan diraih pemerintah daerah yang ada di Jawa Timur.

“Ada enam Kepala Daerah, diantaranya Pamekasan, Mojokerto, Bojonegoro, Ponorogo, Probolinggo dan Sidoarjo,” urainya. (*)


Editor: Azriel