oleh

Dua Spesialis Pembobol Toko Lintas Kota di Dor Polisi Kediri

Kediri, JurnalJatim.com – Dua pelaku spesialis pembobol toko lintas kota asal Kabupaten Gresik, Jawa timur di dor anggota Satreskrim Polres Kediri. Pasalnya, keduanya berusaha kabur ketika hendak ditangkap oleh petugas. Selain merasakan timah panas di kakinya, kedua pelaku kini juga mendekam di sel tahanan.

“Anggota terpaksa menembak pelaku, karena mereka berusaha kabur dari tangkapan petugas,” kata Kapolres Kediri, AKBP Roni Faisal Saiful Fathon.

Setelah berhasil dilumpuhkan, kedua pelaku kemudian dibawa ke Mapolres Kediri untuk diperiksa. Mereka adalah MZ (37) alias Zaki, warga Kampong Mede Bekasi Timur yang berdomisili di Kelurahan Sumberejo Kecamatan/Kabupaten Gresik dan ABU (30) alias Akrek warga Jalan KH. Ali Ervan Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Kapolres mengungkapkan, keduanya merupakan kelompok pelaku pencurian dan pemberatan (Curat) lintas wilayah (Lintas Kota). Mereka pembobolan dan pencurian Hand Phone (HP) di Counter Dunia Cell, di Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri beberapa waktu lalu. Pelaku saat itu, berhasil mengambil ratusan HP unit HP dengan berbagai merk, dan uang Rp 25 juta yang berada dibrangkas, serta 1 buah CPU computer.

“Kedua pelaku merupakan jaringan lintas kota, spesialis pembobol toko,” kata Kapolres.

Dalam menjalankan aksi kejahatannya, mereka membawa sejumlah peralatan, diantaranya, satu buah gunting, dua buah linggis besi, dan obeng. Butuh waktu satu jam, para pelaku bisa menguras habis isi toko.

“Pengakuannya, hasilnya digunakan untuk kebutuhan sehari hari,” tandasnya.

Selain kedua tersangka, polisi juga mengamankan barang bukti, diantaranya sebanyak 50 unit HP berbagai jenis merk, 1 buah CPU Komputer, 1 buah Brankas, 2 buah potongan gembok, 1 buah rantai.

“Dua tersangka dijerat pasal 363 KUHP tentang Pencurian pemberatan dengan ancaman hukuman penjara maksimal selama 7 tahun,“ pungkasnya. (*)

Baca Juga  Buruh Tani Kediri Simpan 153 Butir Pil Golongan G

Reporter: Mas Joko

Editor: Azriel