oleh

Hingga Februari 2019, Terdapat 562 Kasus DBD di Ngawi, 3 Orang Meninggal

Ngawi, Jurnaljatim.com – Pasien penderita penyakit demam berdarah dengue (DBD) sampai bulan Februari tahun 2019 ini, jumlahnya sebanyak 562 kasus. Dari jumlah itu, 3 orang pasien telah meninggal dunia.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ngawi, yang dilansir Selasa (5/3/2019), menyebutkan, penderita DBD tersebut tersebar di seluruh Puskesmas di Kabupaten Ngawi. Jumlah pasien terbanyak di Puskemas Ngawi yakni 79 orang.

Kapala Seksi Pencegahan dan Pengendalian penyakit menular (P2PM) Dinkes Kabupaten Ngawi, Jaswadi mengatakan, untuk bulan Februari hingga Maret belum semuanya masuk. Diantaranya data dari Rumah Sakit.

“Data dari Rumah Sakit belum masuk ke Dinas Kesehatan, contohnya hari ini, pasien yang dirujuk ke RS Madiun dan meninggal dunia,” ujarnya.

Ia mengatakan, Dinkes Ngawi telah melakukan pencegahan dengan Program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) 3M Plus guna menjaga kebersihan lingkungan, seperti tidak membiarkan adanya genangan air dan tumpukan sampah.

“Selain itu, warga diminta menanam tanaman pengusir nyamuk, seperti bunga lavender dan serai,” ucapnya.

Selain itu, Dinkes juga telah melakukan fogging atau pengasapan di sekitar penderita yang sudah ditemukan adanya kasus DBD dan memberikan abate diseluruh puskesmas untuk diberikan kepada masyarakat. (*)


Reporter: Abdul Ghofar

Editor: Azriel