oleh

Ibu-ibu Jombang Hentikan Pekerjaan Pavingisasi Desa

JOMBANG (Jurnaljatim.com) – Belasan ibu-ibu RT 9 dan RT 10, RW 3 Dusun/Desa Ceweng, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang menggeruduk pekerja pavingisasi di Desa setempat, Selasa (26/3/2019). Mereka mengamuk karena jalan yang rusak akibat aktivitas pengurukan tanah kavling oleh pengembang CV Sejahtera Mandiri Abadi.

Ibu Edi Supriyanto, ketua Rt 10 ditemui Jurnaljatim.com di lokasi mengatakan, warga sudah geram dikarenakan pihak pemerintah desa tidak sesuai dengan perjanjian yang sudah disepakati bersama.

“Janjinya dulu, perbaikan jalan yang rusak akan melibatkan warga yang terdampak. Tapi, kenyataannya tau-tau pagi tadi sudah ada yang kerja. Katanya, disuruh Pak Kasun (Nono Indryatno,red). Bagaimana ini kok tidak sesuai janjinya. Padahal sudah tanda tangan diatas kertas bermaterai oleh pengembang (Pak Tris),” cetusnya.

Hal senada juga dikatakan Ipuk, mulai pekerjaan uruk tanah yang akan dibuat kavling warga Rt 9 dan Rt 10 dijanjikan oleh pengembang melalui Kades, Sekdes, dan Kasun akan dilibatkan kerja saat perbaikan jalan yang rusak karena aktivitas pengurukan tanah.

“Saya mendengar informasi, jika usaha jual beli kavling ini katanya belum berijin. Kan, tidak mungkin di lahan persawahan produktif Tim Koordinator Pemanfaatan Ruang Daerah (TKPRD) mengeluarkan ijin,” ungkap Ipuk.

Menurut Ipuk, pekerjaan pavingisasi itu ternyata bukan penggantian dengan paving baru, melainkan bongkar pasang paving lama hanya dengan memberikan dasaran pasir saja, padahal sebelumnya dijanjikan paving yang rusak akan diganti baru. (*)

Editor: Hafid