oleh

KNPI Ngawi Genjot Perkambangan Desa Wisata melalui Bedah Buku

Ngawi, Jurnaljatim.com – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Ngawi bekerja sama dengan Asosiasi Desa Wisata (Asidewi) mengadakan kegiatan Bedah Buku Desa Wisata Benteng NKRI. Acara bedah buku dilakukan di Taman Wisata Tawun Ngawi (18/3/2019).

Ketua KNPI Kabupaten Ngawi, Miftahul Huda, mengatakan, acara tersebut merupakan salah satu upaya untuk merumuskan solusi cepat bagi Desa Wisata tentang payung hukum dan solusi anggaran dan kewenangan Desa.

“Membangun desa wisata ini memang bukan hal yang mudah, sehingga harus ada solusi-solusi cepat,” ujar Huda disela-sela acara.

Dia berharap, dengan adanya bedah buku tersebut, bisa menjadi motivasi dan inspirasi bagi generasi milenial Indonesia khususnya di Kabupaten Ngawi.

“Regenerasi ini perlu dan upacaya percepatan harus dilakukan sehingga mampu dengan cepat melakukan inovasi-inovasi terhadap distinasi wisata di Desa,” ucapnya.

Ketua Asidewi Indonesia Andi Yuwono, mengungkapkan, Bedah buku tersebut merupakan hasil kerja sama KNPI Kabupaten Ngawi dengan Asidewi Indonesia. Bedah buku itu merupakan wujud dari keseriusan Asidewi dalam mengawal keberlangsungan Desa wisata di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Buku Desa Wisata Benteng NKRI didalamnya terdapat kumpulan Desa Wisata yang ada di Indonesia dan juga bagaimana Ekonomi Ekreatif (ekraf), Pertanian mampu menopang keberlangsungan Desa Wisata dan juga bisa digunakan sebagai rujukan model desa wisata berbasis masyarakat,” pungkasnya. (*)


Editor @Azriel