oleh

Kronologi Pembuangan Bayi di Teras Rumah Warga Kandat Kediri

Kediri, Jurnaljatim.com – Kasus pembuangan bayi terjadi di wilayah hukum Polres Kediri. Bayi mungil tanpa dosa dalam keadaan terbungkus di geletakkan begitu saja di teras rumah warga. Polisi kini tengah menyelidiki kasus pembuangan bayi yang menghebohkan warga tersebut.

Informasi yang dihimpun, bayi tersebut ditaruh didepan rumah Surep (55) warga Desa Cendono, Kecamatan Kandat, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Senin (4/3/2019) dinihari.

Saat itu, sekitar pukul 01.15 Wib Surep yang hendak tidur, tiba-tiba mendengar suara sepeda motor melintas dari arah utara melewati depan rumahnya. Saat mendengar motor berhenti didepan rumahnya, Surip membuka jendala dan melihat dua orang yang tidak dikenal menaruh bungkusan.

Ia pun bergegas keluar rumah. Saat itu, Surep sempat menyapa dan menanyakan bungkusan tersebut. Namun, dua orang itu langsung balik arah dan kabur. Setelah didekati dan dibuka, ternyata bungkusan tersebut berisi seorang bayi berjenis kelamin laki laki. Kemudian, kejadian tersebut dilaporkan ke Polsek Kandat untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

“Dari keterangan saksi, satu orang berada diatas sepeda motor dan satunya berjalan ke teras rumahnya dengan menggendong buntalan,”kata Bripka Sugianto, Kasi Humas Polsek Kandat Polres Kediri.

Bripka Sugianto mengatakan, usai mendapatkan laporan, anggota Polsek Kandat langsung menuju ke lokasi. Dari keterangan para saksi, pada saat kejadian mereka melihat dua orang mengendarai sepeda motor merk Suzuki Satria warna hitam.

Sementara ciri ciri kedua pelaku menggunakan pakaian gelap. Seorang pelaku berambut panjang sebahu turun dari sepeda motor dan meletakkan bayi tersebut.

“Dari hasil olah TKP petugas mengamankan beberapa barang bukti. Diantaranya selimut bayi berwarna coklat, bedong bayi warna ungu. Selain itu juga diamankan sarung tangan warna putih, penutup kepala bayi dan baju bayi warna putih,” ujarnya.

Baca Juga  Ini Riwayat Pelaku Teror di Kantor Polisi Madiun

Dirawat di RSUD Gambiran 2 Kediri

Untuk mengungkap pelaku pembuangan bayi tersebut, Polsek Kandat telah berkoordinasi dengan Satreksrim Polres Kediri guna mengidentifikasi pelaku. Sementara, bayi tampan itu, dibawa ke RSUD Gambiran 2 untuk mendapatkan perawatan.

Humas RSUD Gambiran Kota Kediri, Nitra Sari membenarkan jika bayi tak berdosa itu, saat ini dirawat di RSUD Gambiran 2. Ia menjelaskan bayi laki-laki dengan berat 2,5 kg panjang 45 cm kondisinya sehat.

“Benar mas (Dirawat di RSUD Gambiran), Alhamdulillah sehat. BB 2,5, Panjang 45 cm,” ucap Nitra Sari dikonfirmasi Jurnaljatim.com Senin siang, (4/3/2019).

Bayi tersebut diperkirakan berusia 2-3 hari. Kondisi bayi sehat, sehingga perawatan di rumah sakit normal. Pihak rumah sakit akan merawat bayi tersebut selama tiga hari. “Perkiraan umur bayi 2-3 hari,” pungkasnya. (*)


Reporter: Mas Joko

Editor: Z. Arifin