oleh

Meme “Tuman” Ingatkan Jalan Berlubang di Jombang

Jombang, Jurnaljatim.com – Meme “Tuman” bukan hanya menjadi bahan candaan yang sempat viral di berbagai Media Sosial. Kreasi gambar tersebut bahkan menjadi tulisan poster untuk mengingatkan masyarakat terkait bahaya jalanan berlubang.

Poster kreatif itu diketahui terpasang di beberapa titik jalan protokol lintas Surabaya – Madiun, tepatnya di Desa Jambu, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang.

“Ngajenge Mesjid, nganjenge kampung lubang-lubang kaleh gelombang (Didepan masjid, depan kampung lubang-lubang dan bergelombang,red),” kata Arifin warga sekitar yang bekerja sebagai tukang las kepada Jurnaljatim.com, Sabtu (16/3/2019).

Arifin berharap pemerintah bisa memperbaiki jalanan berlubang tersebut. Tidak hanya ditambal, lebih baik diaspal ulang karena jika ditambal saja akan cepat rusak dan jalanan berlubang lagi.

Dulu pernah, satu tahun yang lalu diperbaiki, sebelum diperbaiki sering terjadi kecelakaan. Sekitar empat tahun sebelumnya jalan lubang pernah di cor, tapi sekarang muncul lubang lagi.

Ketika ditanya awak media mengenai adanya poster meme Tuman yang berjarak sekitar 15 meter dari tempat kerjanya, Arifin mengaku tidak mengetahui.

Sementara itu, AKP Inggal Widya Perdana, Kasat Lantas Polres Jombang mengatakan, itu adalah ide kreatif untuk mengingatkan pengguna jalan agar lebih berhati-hati.

“Bagus mas, dengan cara kreatif mengingatkan pengguna jalan utk hati2 karena kondisi jalan berlubang,” kata AKP Inggal.

Berdasar pantauan lapangan, ada setidaknya 4 buah poster Meme Tuman. Satu diantara poster bertuliskan “Hati-Hati Jalan Berlubang, Opo Maneh Lubang Berjalan, Tuman!!!!”.

Poster berada sekitar 30 meter sebelah barat dari palang perlintasan kereta api Pandanwangi, Jombang. Belum diketahui siapa pembuat poster meme Tuman tersebut, termasuk maksud dari pembuatan. Apakah sekedar peringatan atau kritik kepada pemerintah?. (*)


Editor @Azriel