oleh

Menteri Perdagangan RI Resmikan Kantor UPT Metrologi Legal Sidoarjo

Sidoarjo, Jurnaljatim.com – Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukito meresmikan kantor UPT Metrologi Legal Kabupaten Sidoarjo. Peresmian yang bertepatan dengan peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) tahun 2019, yang di gelar di Bandung Jawa Barat itu dilakukan melalaui teleconference dengan beberapa Kepala Daerah di Indonesia, Rabu (20/3/2019).

Dalam teleconference itu, Enggartiasto mengucapkan selamat atas berdirinya kantor UPT Metrologi Legal, untuk Kabupaten Sidoarjo.

“Saya harap, keberadaan kantor itu bisa meningkatkan perlindungan konsumen. Selain itu, segala keluhan konsumen bisa ditampung,” pesannya kepada Bupati Sidoarjo Saiful Ilah.

Usai teleconference, Bupati Sidoarjo bersama Kepala BSML regional ll Yogyakarta Anis Zukri, serta Kepala Disperindag Sidoarjo Ec. Tjarda melihat langsung fasilitas pelayanan kantor UPT tersebut.

“Disini ada bermacam-macam alat ukur atau timbangan, yang digunakan sebagai patokan standarisasi,” ungkap Bupati usai acara.

Dikatakannya, pembangunan UPT itu bersumber pada Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Perdagangan RI tahun 2018, yang nilainya Rp 2,634 miliar.

“Kantor ini memberikan pelayanan tera, atau tera ulang terhadap alat ukur takar timbang,” paparnya.

Selain itu, lanjut Bupati, juga menyediakan alat ukur, mulai dari anak timbang, timbangan, meter air, pompa ukur BBM dan tangki ukur mobil tiap kompartemen hingga meter arus kerja.

“Tentunya ada retribusi tera atau tera ulang, sesuai jenis alat UTTP,” imbuhnya.

Bupati juga menyampaikan, ada 616.504 UTTP di Kabupaten Sidoarjo yang telah didata. Pemilik alat ukur, dimintanya untuk melakukan pengecekan di kantor UPT Metrologi Legal Sidoarjo.

“Di seluruh pasar Sidoarjo tentu ada timbangannya, itu harus di cek. Agar supaya, tidak merugikan konsumen,” pungkasnya. (*)


Editor @ Azriel