oleh

MRSF 2019, ‘Tumplek Blek’ Warga Jatim di Jembatan Suramadu

Surabaya, Jurnaljatim.com – Puluhan ribu warga dari 38 kabupaten/kota di Jawa timur tumplek blek memadati jembatan Suramadu di Surabaya. Mereka yang datang menggunakan kedaraan bus itu untuk menghadiri acara Millennial Road Safety Festival (MRSF) 2019 yang digelar oleh Kepolisian Daerah Jawa timur.

Praktis, tampak kemeriahan di jembatan Suramadu tersebut. Terlihat, Kemeriahan tidak hanya tampak di atas jembatan, tapi juga di laut, Minggu (17/3/2019) pagi.

Acara tersebut dibuka oleh Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan. Dalam sambutannya, Luki mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam acara tersebut.

“Bagi kami sungguh luar biasa. Tanpa seizin Gubernur, saya tidak bisa mengajak masyarakat jalan di Jembatan Suramadu yang dibangga-banggakan,” kata Luki di Jembatan Suramadu Surabaya.

Kemeriahan tidak hanya tersaji di atas jembatan. Ribuan nelayan di laut turut membuat acara semakin semarak.

“Saya sudah jalan. Di laut ada 1.000 kapal nelayan, ternyata melebihi 2.000 nelayan. Luar biasa antusias masyarakat Jatim yang hadir,” ujarnya.

Sementara itu, sepanjang (MRSF) 2019 digelar, Jembatan Suramadu ditutup total. Pengendara yang menuju Surabaya atau Madura dialihkan ke Pelabuhan Ujung-Kamal Surabaya.

Rudi Behanafiah General Manager ASDP Tanjung Perak mengatakan, selama penutupan akibat MRSF, seluruh biaya penyebrangan digratiskan dan ditanggung oleh Polda Jatim.

“Gratisnya hanya sampai jam 11 saja,” ujar Rudi.

Rudi juga menambahkan, khusus selama penutupan selama 6 jam ini, ada empat kapal dan dua dermaga yang difungsikan. Di hari biasa, hanya dua kapal dan satu dermaga yang dioperasikan. Empat kapal itu adalah KMP Jokotole, KMP Tongkol, KMP Gajah Mada, dan KMP Gili Iyang.

Ia menjelaskan, waktu tunggu kapal adalah setiap 35 menit. Sehingga, antrean kendaraan yang sampai saat ini terpantau sepanjang 1.5 KM harus menunggu kedatangan kapal setiap 35 menit sekali. (*)

Baca Juga  Kemenag RI: Kemungkinan Mbah Moen Dimakamkan di Makkah

Editor @Hafid