oleh

Tiket KA Ekonomi Arus Balik Dari Stasiun Jombang Ludes Terjual

Jombang, Jurnaljatim.com – Tiket Kereta Api (KA) Ekonomi untuk kebutuhan arus balik dari Stasiun KA Jombang dipastikan sudah tidak tersedia alias habis. Kepastian tersebut disampaikan oleh Wakil Kepala Stasiun KA Jombang, Totok Kushindarto, Senin (18/3/2019) siang.

Menurut Totok, para calon penumpang KA bisa memeriksa ketersediaan tiket di aplikasi KAI Acses, atau aplikasi lain penyedia pemesanan tiket KA. Sejauh ini dari pantauan di aplikasi, tiket lebaran kelas ekonomi untuk arus balik dari Stasiun KA Jombang menuju ke berbagai kota lain dari H+1 sampai H+10 lebaran sudah habis terpesan.

“Ada KA Gaya Baru Malam dan Jayakarta, H+1 sampai H+10 habis semua mas,” kata Totok kepada wartawan.

Baca sebelumnya : Tiket Lebaran 2019 Dibuka, KAI Operasikan 406 Kereta

Totok mengatakan, adapun untuk tiket KA kelas Eksekutif ada beberapa tanggal yang sudah tidak tersedia. Berdasar pantauan, untuk KA Bangunkarta dan Bima dari mulai tanggal 8, 9, 10, dan 11 Juni 2019 dipastikan sudah terpesan.

Terkait adanya tambahan KA itu kebijakan manajemen, biasanya kalau dari Jombang KA Pasundan dan Sancaka, yang banyak dari Madiun, ada KA Brantas lebaran, Gajayana Lebaran, dan Mataremaja Lebaran.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai ketersediaan tiket, Totok menerangkan KA mana yang sudah habis dan mana yang masih tersedia bisa dilihat di aplikasi KAI Acces.

Dalam satu gerbong KA terdapat 105 seat untuk KA PSO yang disubsidi oleh pemerintah seperti KA Gaya Baru Malam. Untuk KA ekonomi komersial ada sekitar 80 seat, untuk kelas eksekutif satu gerbong terdapat 55 seat.

Diberitakan sebelumnya, tiket Kereta Api untuk lebaran Idul fitri 1440 Hijriah tahun 2019 mulai bisa di pesan sejak 25 Februari 2019 pukul 00.00 WIB lalu. PT Kereta Api Indonesia (Persero) menerapkan penjualan tiket sejak H-90 (90 hari sebelum keberangkatan).

Baca Juga  Razia Balap Liar di Nganjuk, Polisi Amankan Ratusan Motor

Manager Humas KAI Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko, pada Senin (25/2/2019) menjelaskan, selama Lebaran 2019, KAI mengoperasikan 356 KA Reguler dan 50 KA tambahan yang total mencapai 406 KA. Jumlah tersebut mengalami kenaikan sebanyak 3 persen dari jumlah tahun sebelumnya yaitu 393 KA.

Khusus di Daop 7 Madiun, perjalanan kereta api bakal padat saat masa angkutan Lebaran 2019. Pasalnya sebanyak 74 KA Reguler akan melintas dengan ketersediaan tempat duduk sebanyak 26.332 seat per hari, ditambah KA tambahan lebaran sebanyak 10 KA dengan ketersediaan tempat duduk sebanyak 6.896 seat per hari.

“Untuk KA tambahan lebaran 2019 , pemesanan tiket baru di buka H-60 sebelum lebaran. KA keberangkatan Daop 7 Madiun ada tiga yaitu KA Brantas, KA Kahuripan, dan KA Singasari,” terang Ixfan. (*)


Editor @Azriel