oleh

Umat Hindu Arak Ogoh-ogoh Untuk Netralisir Energi Negatif

Sidoarjo, Jurnaljatim.com – Diiringi dengan tabuhan gamelan, arak-arakan ogoh-ogoh yang dilakukan oleh beberapa pecalang, sembari disusul oleh ribuan umat Hindu menjadi daya tarik tersendiri bagi warga desa Balonggarut Krembung Sidoarjo.

“Ini untuk menetralisir energi negatif yang ada di lingkungan sekitar,” ucap Ketua Rumah Tangga Pura Margo Wening Krembung Anto Rubianto, Rabu (6/3/2019).

Dikatakannya, sebelum ogoh-ogoh diarak keliling, diawali dengan persembahyangan bersama dan dilanjutkan dengan prosesi doa Hindu Darma. Kemudian, melakukan bakti sosial dengan memberikan 150 paket sembako untuk warga sekitar.

“Itu adalah serangkaian acara menyambut hari nyepi, dan sebelumnya kami juga melakukan pengobatan gratis,” imbuhnya.

Umat Hindu percaya, dengan melakukan upacara Mecaru, yang berarti membersihkan diri dari energi yang negatif. Sehingga, siap lahir batin untuk menyambut hari raya Nyepi tahun baru saka 1941.

“Kami juga berdoa, untuk menyambut pemilu 2019 nanti. Semoga berjalan dengan tertib dan aman,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua PHDI Sidoarjo I Gede Dinu Artana menyampaikan, dalam melakukan serangkaian upacara adat keagamaan, juga sering kali dibantu oleh warga desa.

Sehingga, umat Hindu merasa nyaman dan terayomi. Hal itu menunjukkan bahwa, dengan mengutamakan toleransi, perbedaan itu terasa indah.

“Manusia itu tidak ada yang sempurna, dan dengan perbedaan maka terciptalah kesempurnaan,” ungkapnya.

I Gede juga menuturkan, warga desa Balonggarut Krembung sangat tinggi toleransinya. Selain itu, Bupati dulu pernah menyampaikan bahwa, Krembung ini merupakan ikon toleransi di Sidoarjo.

“Kami juga menjadi, bagian dari FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) Sidoarjo,” jelasnya.

Sebagai duta kehormatan, Danramil dan Kapolsek Krembung ditunjuk sebagai pembuka arak-arakan ogoh-ogoh yang keliling sekitar wilayah komplek pura penataran agung Margo Wening Krembung Sidoarjo. (*)

Baca Juga  Pencuri Kosmetik di Koperasi Ditangkap

Reporter: Deni Yan

Editor: Hafid