oleh

885 Siswa SMK Ikuti Lomba Kompetensi Tingkat Jatim

SIDOARJO (Jurnaljatim.com) – Sebanyak 885 peserta mengikuti Lomba Kompetensi Siswa (LKS), tingkat SMK se-Jawa Timur yang ke 27 tahun 2019. Pada lomba itu terdapat 54 bidang diantaranya, bidang teknologi, bisnis manajemen dan pariwisata, pertanian dan maritim, seni kriya, kesehatan serta LKS kelompok SMK. Para peserta akan dibimbing 847 guru pembimbing.

Kabid Pembinaan SMK Propinsi Jatim, Suhartono mengatakan, lomba itu diharapkan dapat mencetak lulusan SMK yang mampu menciptakan lapangan kerja dan bisa bersaing di dunia usaha serta industri.

“Yang ikut lomba, adalah siswa yang mewakili 4 wilayah kerja dan pemenang lomba pra LKS tahun 2018,” katanya.

Dalam kesempatan itu, ada pameran hasil karya cipta dan inovasi dari beberapa SMK se-Jawa Timur. Sedangkan, Sidoarjo sendiri ada tiga SMK yang ikut dalam pameran tersebut.

Seperti SMK Penerbangan Dharma Wirawan Sidoarjo, yang menampilkan rancangan drone dan FPV pesawat yang menggunakan satu motor penggerak berbahan etafo.

“Kami butuh 4 bulan, untuk desain dan perakitan komponen drone dan FPV pesawat ini,” kata Saiful Qadar selaku guru seni budaya dan keterampilan.

Sedangkan dari SMK Krian 1 Sidoarjo menampilkan, teknologi kontrol dan pemantau rumah berbasis android. Teknologi itu mampu mengoperasikan pintu gerbang, kontrol lampu, monitoring suhu ruangan serta deteksi gerak.

“Semua itu, harus terkoneksi dengan internet. Melalui hp, semua bisa terkontrol,” ucap Andre Suharto guru rekayasa perangkat lunak.

Tak ketinggalan pula, SMK Itaba Gedangan Sidoarjo menampilkan, produk sepatu kulit Esemka, yang sudah dipasarkan di Gresik, Dupak grosir dan BG junction Surabaya. Untuk mutu dan kualitas, sama dengan produksi pabrik.

“Kami mulai produksi tahun 2014. Dalam sehari, para siswa dapat memproduksi 10-20 sepatu,” ungkap guru kewirausahaan Nurul Basori kepada Jurnaljatim.com.

Baca Juga  Tekan Laka, PT KAI Daop 7 Bagi Brosur Keselamatan di Perlintasan Sebidang

Wabup Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin mengapresiasi dan bangga atas ditunjuknya Kabupaten Sidoarjo sebagai tuan rumah dalam perlombaan tahun 2019 ini.


Editor: Hafid