oleh

Bupati Jombang Segera Realisasikan Kain Seragam Sekolah Gratis

JOMBANG, (Jurnaljatim.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang akan merealisasikan pengadaan kain seragam gratis untuk siswa baru bagi SD/MI, SMP/MTs di Jombang. Hal itu diketahui dari sosialiasi yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat kepada para Kasek MI se Jombang, Kamis (4/4/2019).

“Melalui sosialisasi ini kami ingin menyatukan langkah dan persepsi untuk melaksanakan program yang menjadi visi misi Bupati dan Wakil Bupati Jombang bersama para sekolah mulai dari SD,MI, SMP, MTs”, tutur drg. Budi Nugroho, Kepala Dikbud Jombang.

Budi mengatakan, program tersebut sebagai bentuk keseriusannya dan, sebelumnya juga telah dilakukan studi informasi ke balai tekstil Bandung, Jawa barat.

Ketua DPRD Jombang, Joko Triono yang secara khusus diundang menghadiri kegiatan sosialisasi tersebut, mengatakan DPRD Jombang siap mengamankan, mengawal dan mengawasi program Bupati Wakil Bupati yang tertuang dalam visi misi.

“Harapan kita jangan ada persoalan di kemudian hari. Kerjasama dengan semua pihak termasuk Kejaksaan sangat diperlukan untuk program ini. Kami sampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Bupati dan Wabup yang dapat memberikan seragam gratis yakni berupa kain kepada siswa baru SD/MI/SMP. Semoga program ini memberikan manfaat,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada DPRD Jombang dan OPD terkait yang akan segera merealisasikan janji politiknya yaitu memberikan bantuan seragam gratis.

“Program ini tujuannya untuk meningkatkan aksesibilitas dan kualitas pendidikan kepada seluruh masyarakat Jombang dengan strategi membuka seluas-luasnya akses untuk menikmati pendidikan yang layak di setiap satuan pendidikan pada jenjang Pendidikan Dasar,” kata Bupati.

Bupati juga berharap DPRD Kabupaten Jombang turut mengawal, dan mengawasi seluruh pelaksanaan program Pemerintah Kabupaten Jombang sesuai Visi Misinya bersama Wakil Bupati.

Baca Juga  Enam Penjabat Kades di Wilayah Kecamatan Tulangan Sidoarjo Dilantik

“Doakan, tahun 2020 Insya Allah anak anak Paud juga mendapat bantuan seragam untuk siswa barunya,” tutur Bupati Jombang

Dengan total sejumlah 1072 lembaga dengan perkiraan jumlah siswa baru sebesar 47.114 siswa. Diharapkan awal Juli sebelum tanggal 15 Juli 2019, kain seragam sudah mulai dibagi.

Bupati menegaskan, jika pengadaan kain seragam sekolah itu meliputi seragam putih merah (SD), putih hijau (MI), putih biru (SMP dan MTs), seragam batik (SD, MI, SMP dan MTs) dan pengadaan pakaian olahraga (SD, MI, SMP, dan MTS), dengan total pagu alokasi anggaran kisaran 30 miliar.

“Pengadaan berupa kain seragam, bukan seragam jadi, karena kalau seragam jadi ukuran masing-masing siswa baru diketahui setelah penerimaan siswa baru. Untuk pakaian kaos olahraga diberikan dalam bentuk kaos jadi, dan dipastikan dapat diberikan sekitar awal bulan Agustus setelah penerimaan siswa baru, karena data ukuran kaos siswa akan diminta dinas pendidikan ke masing-masing sekolah,”pungkas Mundjidah. (*)