oleh

Dana PKH di Desa Padangan Kecamatan Kayen Kidul Dipotong

KEDIRI (Jurnaljatim.com) – Dana Program Keluarga Harapan (PKH) dari Pemerintah pusat di Dusun Padangan dan Dusun Tangkilan, Desa Padangan, Kecamatan Kayen Kidul, Kabupaten Kediri dilakukan pemotongan. Warga yang menerima dana mengeluh dan merasa keberatan atas potongan tersebut.

Diketahui, setiap warga penerima dana PKH, mendapatkan bantuan uang tunai dengan jumlah berbeda beda, tergantung dari kondisi dan keadaan warga yang menerima.

Informasi yang beredar, ketika dana dicairkan, terjadi pemotongan secara bervariasi, kisaran Rp 20 ribu hingga Rp 50 ribu. Saat dana cair, warga menyetorkan kepada ketua kelompok di dua dusun tersebut.

Saat dikonfirmasi terkait pemotongan itu, pendamping PKH wilayah Kecamatan Kayen Kidul, Moh Anton, berdali jika itu bukan potongan, namun Iuran Kesetiakawanan Sosial (IKS) yang digunakan untuk kegiatan.

“Seperti kita melakukan rapat rutin, disitu kita mengumpulkan lebih dari 50 orang yang mendapatkan dana bantuan PKH. Uang IKS kita gunakan untuk membeli makan dan minum saat kita melaksanakan rapat dengan mereka (penerima PKH),”ujarnya, saat ditemui disela sela kegiatan di Balai desa Sumberejo, Kamis (25/4/2019).

Selain itu, masih jelas Moh Anton, uang IKS tersebut juga digunakan untuk memberikan santunan sosial kepada masyarakat sekitar yang membutuhkannya. Sesuai dengan empat unsur aspek yakni, aspek kelembagaan, aspek koordinasi dan pelaporan, aspek sosial dan juga aspek Ekonomi.

“Kita sudah menggunakan dana IKS untuk melakukan berbagai kegiatan seperti santunan non PKH di Desa Mukuh penerima Mbah Supinah, santunan lansia Mbah Mukiyem warga Dusun Puhrejo Desa Sukoharjo, Mbah Jumini, Dusun Pohrejo Desa sukoharjo,”ucapnya.

Ia menjelaskan, dana IKS juga digunakan untuk santunan anak Yatim, yang dilakukan pada tanggal 03 Oktober 2018 sebanyak 25 anak yatim, petemuan rutin KPM/ PKH, Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga di Dusun Bogangin lor, Desa Padangan pada tanggal 18 april 2019, juga santunan non PKH Mbah Jarno Dusun Padangan Desa Padangan 12 feb 2019, Bansos lansia non PKH Siti Aminah, Dusun Tawangrejo Desa Mukuh serta di Dusun Sambiroto Desa Sambirobyong.

Baca Juga  Dubes Jerman Cek Proses Pengolahan Sampah di Gedangan Sidoarjo

“Kita transparasi dalam pengelolaan dana IKS, sehingga nantinya tidak ada rumor yang beredar seperti sekarang ini,”pungkasnya.

Ia juga berharap, masyarakat yang menerima dana PKH jangan sampai termakan isu isu yang tidak benar, karena hal tersebutlah yang membuat suasana tidak kondusif.

“Jadi IKS itu dikelola oleh kelompok, dan dipergunakan untuk kebutuhan kegiatan kelompok sesuai dengan kesepakatan kelompok. Intinya IKS itu dari kelompok, oleh kelompok, dan untuk kelompok, “tegasnya.


Editor: Azriel