oleh

Pawai Alegoris Dan Kirab Pusaka, Ramaikan Hari Jadi Nganjuk ke 1082

NGANJUK (Jurnaljatim.com) – Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur rayakan hari jadi untuk ke 1082 tahun 2019. Perayaan tahunan itu kali ini diselenggarakan dibawah kepemimpinan Novi Rahman Hidayat dan Marhaen Djumadi, pasangan Bupati dan Wakil Bupati baru. Rangkaian kegiatan sudah tampak dimulai dari beberapa hari lalu.

Hari ini, Rabu (10/4/2019) Kepala Bagian Humas Pemkab Nganjuk, Agus Irianto mengatakan ada dua kegiatan. Kegiatan pertama, pelaksanaan upacara peringatan hari jadi di GOR Begadung, Kecamatan Nganjuk. Sedangkan agenda kedua, giat pawai budaya dengan memulai start acara di depan pendopo Kabupaten menuju ke GOR.

“Dengan semangat hari jadi Nganjuk ke 1082, mamayu hayuning nagari Nganjuk sayuk anjuk ladang tumandang nyawiji dan berprestasi,” kata Agus lewat pesan tertulis.

Sebelum acara hari ini, Pemkab Nganjuk mengadakan acara seremonial pawai alegoris Nganjuk Nyawiji pada Selasa, 9 April 2019. Selain pawai alegoris, acara juga di isi dengan Kirab Pusaka dari Pendopo Kabupaten menuju Alun-alun Berbek.

Bupati Nganjuk, Novi Rahman Hidayat mengatakan kegiatan pawai Alegoris dan Kirab Pusaka sebagai wujud warga nganjuk menghargai budaya leluhur dan wujud gotong royong membangun negara seluruh masyarakat Anjuk Ladang.

“Budaya yang sudah bagus ini mari kita jaga dan lestarikan, Lestarining Budoyo Mujudake Kuncaraning Bangsa,” ungkap Bupati Novi dalam sambutan.

Selain jajaran Pemkab Nganjuk beserta Organisasi Perangkat Daerah (OPD), acara juga dihadiri oleh Kapolres Nganjuk AKBP Dewa Nyoman Nanta Wiranta beserta sejumlah jajaran, Dandim 0810/Nganjuk, beserta pimpinan DPRD Nganjuk. Tidak hanya itu, berdasarkan pantauan dilapangan pawai budaya dihadiri perwakilan Kepala Desa Se Kabupaten Nganjuk, Organisasi Masyarakat, tokoh agama, tokoh masyarakat dan ribuan masyarakat Kabupaten setempat. (*)


Editor: Azriel

Baca Juga  Alasan PNS Ini Tolak Pemotongan Gaji Zakat Maal