oleh

Pemkab Sidoarjo Janji Perhatikan Anak Berkebutuhan Khusus

SIDOARJO, (Jurnaljatim.com) – Sebanyak 276 anak dari UPT ABK Dinas Pendidikan Sidoarjo, dan sekolah inklusi 96 lembaga mengikuti peringatan Internasional Hearing Day and Autism Awareness Day 2019 atau Hari Autis se Dunia tahun 2019 di pendopo, Dinas Pemuda dan Olahraga, Kabupaten Sidoarjo, Sabtu (6/4/2019).

Dalam acara tersebut, anak-anak berkebutuhan khusus (ABK) terlihat semangat dan ceria. Mereka tidak canggung, untuk unjuk diri dalam peragaan busana, senam sehat dan lainnya.

“Apa yang ditampilkan oleh anak-anak, patut kita apresiasikan,” ucap Kepala Dinas Pendidikan Sidoarjo Asrofi.

Disampaikannya, dengan tema “Sidoarjo terdepan, peduli dan ramah anak berkebutuhan khusus”, Pemkab Sidoarjo tidak akan pernah berhenti untuk memperhatikan anak berkebutuhan khusus (ABK) ini.

Menurut dia, anak berkebutuhan khusus itu, potensinya perlu digali lebih dalam. Mereka juga sama, dengan anak-anak yang normal lainnya. Selain itu, mereka juga menjadi tanggung jawab bersama.

“Pemerintah akan memberikan perhatian, melalui anggaran untuk kegiatan ABK,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah menyampaikan, pemerintah memiliki komitmen begitu kuat dalam membantu masalah ABK. Mereka punya hak, untuk mendapatkan perhatian.

Selain itu, lanjut Bupati, anak-anak istimewa ini harus terus diperjuangkan dan jangan dikucilkan. Mereka memiliki banyak potensi, yang harus dikembangkan.

“Agar tidak merasa dikucilkan, kita wajib memberikan wadah dan mendukung dalam setiap kegiatan,” tandasnya.

Dalam kegiatan festival anak berkebutuhan khusus ini, Bupati Sidoarjo didapuk untuk menyerahkan trophy juara kepada anak-anak pemenang lomba. (*)


Editor: Azriel