oleh

Antisipasi Euforia Pasca Pemilu, Polres Jombang Gelar Operasi Skala Besar

JOMBANG (Jurnaljatim.com) – Anggota gabungan dari berbagai satuan fungsi Polres Jombang melakukan operasi skala besar sejumlah obyek vital di Kabupaten Jombang. Operasi tersebut mengantisipasi euforia pasca pemilu (pileg dan pilpres) dan menyambut datangnya bulan suci ramadan tahun 2019, Jumat (3/5/2019) malam.

Sebelum operasi digelar, sekitar pukul 20.30 WIB, sebanyak 20 personil anggota melakukan apel bersama di halaman Mapolres setempat dan dipimpin oleh Kasat Reserse Narkoba, AKP Moch Mukid SH.

“Sasaran dari operasi ini sejumlah obyek vital untuk mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas,” kata AKP Moch Mukid dikonfirmasi Jurnaljatim.com disela-sela operasi skala besar.

Usai melakukan apel, puluhan personil bergerak menuju hotel Yusro di jalan Soekarno-Hatta Desa Keplaksari, Kecamatan Peterongan, Jombang. Ditempat itu, sedang berlangsung pleno rekapitulasi suara pemilu 2019 oleh KPU Jombang. Setelah dilakukan pengecekan dan situasi kondusif, petugas menuju kantor KPU Jombang di jalan KH Tamim Romli Desa Sumbermulyo, Kecamatan Jogoroto.

Kasat Resnarkoba Polres Jombang AKP Moch Mukid SH memimpin apel di halaman Mapolres sebelum melakukan operasi skala besar. (Foto: Ist)

Dalam perjalanan menuju KPU yang melintas dibawah fly over (jembatan layang) Peterongan, didapati sejumlah pemuda lari semburat. Diduga, mereka hendak pesta miras (minuman keras).

“Mungkin mereka mau mabuk-mabukan atau berbuat negatif lainnya. Buktinya, ada petugas patroli langsung kabur,” kata Mukid.

Setelah sampai di kantor KPU, puluhan anggota menyebar melakukan pengeceka di sejumlah tempat. Sekitar 30 menit kemudian, rombongan aparat penegak hukum itu menuju ke tempar parkir makam Gus Dur di kawasan Ponpes Tebuireng, Desa Cukir, Kecamatan Diwek, Jombang.

Ditempat itu, petugas melakukan dialog dengan mengkedepankan humanisme pada masyarakat. Usai dari parkiran kendaraan di area makam Gus Dur, sekitar pukul 24.00 WIB, rombongan kembali ke Mapolres Jombang dan mengakhiri giat.

“Menjelang ramadan, peziarah masih banyak yang datang dan mayoritas dari luar kota. Dari hasil patroli skala besar yang kita lakukan malam ini, tidak menemukan adanya Sajam, Senpi, Handak, Miras, Narkoba maupun gangguan kamtibmas lainnya. Semua berjalan dengan lancar dan kondusif,” tandasnya.

Baca Juga  Wartawan Sidoarjo Terkini Kembali Terpilih Ketua PWI Periode 2019-2022

Editor: Azriel